Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Aparat TNI-Polri Diminta Kedepankan Pendekatan Edukasi dan Persuasif Saat PPKM Darurat

Andi Rio Idris Padjalangi meminta aparat Polri, TNI dan Satpol PP dapat lebih mengedepankan edukasi dan pendekatan persuasif dalam melakukan Pemberlak

Aparat TNI-Polri Diminta Kedepankan Pendekatan Edukasi dan Persuasif Saat PPKM Darurat
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Petugas kepolisian dari Polres Semarang melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang ingin memasuki Kota Semarang di Jalan Perintis Kemerdekaan jalar utama Bawen menuju Semarang, Kamis (8/7/21). Bagi plat luar kota yang ingin masuk Kota Semarang wajib menunjukkan dokumen bebas covid, surat vaksinasi dan surat tugas bekerja. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi meminta aparat Polri, TNI dan Satpol PP dapat lebih mengedepankan edukasi dan pendekatan persuasif dalam melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Hal itu guna menghindari terjadinya perdebatan dan kekerasan fisik yang terjadi di tengah masyarakat.

"Semoga aparat yang bertugas lebih mengedepankan sisi humanis, jangan ada lagi tindakan penyemprotan pedagang seperti di pulau jawa dan perdebatan di jalanan kepada masyarakat ataupun pelarangan melintas tenaga medis yang berujung pada adu argumen," kata Andi Rio kepada Tribunnews, Kamis (8/7/2021).

Politikus Partai Golkar itu berharap aparat yang bertugas di lapangan dapat lebih memahami sektor esensial dan kritikal apa saja yang boleh melewati penyekatan pemberlakukan PPKM Darurat, dengan syarat serta ketentuan yang telah ditentukan.

Baca juga: 7 Fakta Anies Baswedan Marah-marah Saat Sidak Ray White, Termasuk Rencana Pembaharuan Aturan PPKM

"Petugas harus lebih memaksimalkan peran sosialisasi kepada pihak pengusaha dan masyarakat agar mereka dapat memahami dan mengikuti anjuran pemerintah," ujarnya.

Lebih lanjut, Andi Rio menjelaskan kebijakan PPKM yang diberlakukan pemerintah merupakan upaya menyelamatkan masyarakat dari penyebaran virus Covid-19 yang semakin tinggi.

Oleh karena itu dirinya meminta kepala daerah dapat terus melakukan kordinasi dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait agar penerapan PPKM Darurat dapat berjalan sesuai harapan.

"Masyarakat harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah dengan tetap di rumah, demi kesehatan dan keselamatan pribadi, keluarga, serta lingkungan sekitar. Semoga indonesia sehat, ekonomi pulih dan masyarakat sejahtera serta masyarakat dapat menjalankan aktifitas dengan normal kembali," pungkasnya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas