Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

PMI: Plasma Konvalesen Baik Diberikan Pasien Bergejala Sedang

(PMI) menjelaskan bahwa pemberian plasma konvalesen (PK) kepada pasien memiliki waktu terbaik atau golden time.

PMI: Plasma Konvalesen Baik Diberikan Pasien Bergejala Sedang
TRIBUN LAMPUNG/TRIBUN LAMPUNG/Deni Saputra
Seorang penyintas Covid 19 mendonorkan plasma konvalesen di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Lampung, Jalan Sam Ratulangi, Penengahan, Tanjungkarang Barat, Jumat (25/6/2021). UTD PMI Lampung menyebutkan, ketersediaan stok plasma konvalesen di Lampung kosong dan berupaya memenuhi kebutuhan plasma konvalesen di UTD PMI Lampung seiring tingginya permintaan guna menekan angka kematian akibat Covid 19. (Tribunlampung.co.id/Deni) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) menjelaskan bahwa pemberian plasma konvalesen (PK) kepada pasien memiliki waktu terbaik atau golden time.

Kepala Bidang UDD PMI Pusat Dokter Linda Lukitari Waseso menjelaskan, pemberian PK pada pasien covid-19 sebaiknya digunakan sebelum pasien bergejala sedang.

Dalam kondisi ini, lanjutnya, antibodi dalam plasma tersebut akan membantu melawan virus.

“Kita berikan secara umum itu pada 14 hari pertama. Secara khusus, waktunya adalah di minggu pertama demam atau 72 jam pertama sejak sesak nafas timbul. Ini adalah golden periode pemberian plasma," ujarnya saat memberikan keterangan pers hari Rabu (21/7/2021).

Linda menegaskan PK masuk dalam buku saku Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan menjadi bagian terapi alternatif atau penunjang.

Ia melanjutkan bahwa pemberian PK tidak bisa memperbaiki organ yang sudah rusak akibat virus Covid-19, namun PK akan membantu menyerang virus Covid-19 pada pasien yang memperoleh donor.

Baca juga: Legislator Golkar Dorong Polri Bantu Pengawasan Distribusi Vaksin Covid-19 di Daerah

Konvalesen sendiri memiliki arti sembuh atau pulih, sehingga plasma konvalesen covid-19 berarti plasma yang sembuh karena covid-19.

Sehingga orang yang berhasil sembuh dari covid-19 biasa disebut survival atau penyintas covid-19.

Dimana di dalam plasma konvalesen penyintas covid-19 terdapat titer antibodi.

Berdasarkan buku pedoman BPOM atau protokol dari BPOM, dr Linda menyebut titer yang mencukupi untuk dilakukan donor yaitu 1 banding 160 (1:160).

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas