Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Menperin Dorong Pendirian Rumah Oksigen

Masyarakat sekitar lokasi isoman Kemenperin dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan cara berkoordinasi terlebih dahulu dengan pengurus RT dan RW

Menperin Dorong Pendirian Rumah Oksigen
dok Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong pendirian fasilitas isolasi berupa rumah oksigen.

"Di samping fasilitas isolasi terpusat, Kementerian Perindustrian saat ini tengah mendorong pendirian fasilitas-fasilitas isolasi berupa rumah-rumah oksigen bekerja sama dengan para perusahaan industri terutama industri-industri non-produsen oksigen tetapi memiliki teknologi penghasil oksigen," tutur Agus, Minggu (25/7/2021).

Hal ini ditujukan untuk mendekatkan fasilitas isolasi dengan sumber-sumber oksigen, sehingga tidak ada kendala suplai oksigen bagi pasien Covid-19.

Selain penyediaan fasilitas isoman terpusat, Kemenperin juga bekerja sama dengan asosiasi industri dalam menyelenggarakan program vaksinasi bagi para pelaku industri atau tenaga kerja perusahaan manufaktur di wilayah Jawa dan Bali.

"Jumlah sasaran vaksinasi tersebut sebanyak 5 juta orang dan akan dilaksanakan pada bulan Juli sampai Oktober 2021," ungkap Agus.

Baca juga: Cerita Warga Bogor Butuh 4 Hari Mendapatkan Oksigen Medis untuk Mertua yang Positif Covid-19

Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo, menyampaikan masyarakat sekitar lokasi isoman Kemenperin dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan cara berkoordinasi terlebih dahulu dengan pengurus RT dan RW setempat.

"Masyarakat perlu membawa hasil swab ke lokasi isoman dan kemudian akan diperiksa ulang.

Nantinya apabila sudah lapor dan terverifikasi, bisa diantar oleh Babinsa ke lokasi isoman Kemenperin tersebut," jelas Dody.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Arus Gunawan, mengatakan pihaknya siap memfasilitasi sejumlah satker unit pendidikan vokasi di bawah binaannya menjadi sarana untuk isolasi mandiri.

"Karena dampak pandemi Covid-19, proses pembelajaran pada unit pendidikan kami saat ini dilakukan secara daring.

Oleh karena itu, bisa dimanfaatkan untuk menjadi fasilitas isolasi mandiri," terang Arus.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas