Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Panglima TNI Minta Protokol Kesehatan Ditegakkan Melalui Pendekatan Kultural dan Kearifan Lokal

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta agar protokol kesehatan ditegakkan melalui pendekatan kultural dan kearifan lokal.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Panglima TNI Minta Protokol Kesehatan Ditegakkan Melalui Pendekatan Kultural dan Kearifan Lokal
Puspen TNI
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Serbuan Vaksinasi, penyerahan Bansos dan memeriksa kesiapan para tracer covid-19 di Gedung BSCC Dome, Balikpapan pada Jumat (6/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta agar protokol kesehatan ditegakkan melalui pendekatan kultural dan kearifan lokal.

Cara tersebut, kata Hadi, harus dilakukan bersama-sama seluruh elemen untuk menurunkan kasus positif Covid-19 di Tarakan dan Berau, Kalimantan Utara.




Hal tersebut disampaikan Hadi saat memimpin rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait penanganan Covid-19 di wilayah Tarakan dan Berau, Kalimantan Utara, Jumat (6/8/2021).

"Untuk menekan dan menurunkan kasus positif Covid-19 di Kalimantan Utara, TNI-Polri bersama Pemerintah dan segenap komponen masyarakat harus menegakkan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) melalui pendekatan kultural dan kearifan lokal," kata Hadi dalam keterangan resmi Puspen TNI, Jumat (6/8/2021).

Usai memimpin rapat, Hadi bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melanjutkan pengecekan aplikasi Silacak dan Inarisk di Gedung Crew Lanud Anang Busra Tarakan, Kalimantan Utara.

Baca juga: Periksa Eks Mensos Juliari Batubara, KPK Buka Penyelidikan Baru Kasus Korupsi Bansos Covid-19

Dalam kesempatan itu Hadi mengatakan strategi untuk menekan angka positif Covid-19 adalah 3 M dan 3 T juga mengejar target vaksinasi yang ditetapkan pemerintah.

BERITA TERKAIT

“Optimalkan 3T dan infokan kasus sesegera mungkin guna mencegah memburuknya kondisi untuk menekan angka kematian di Kaltara,” kata dia.

Hadi juga menyampaikan tracing kontak erat harus dilaksanakan dan persiapan isoter juga harus dimaksimalkan.

Tentunya, kata dia, hal tersebut dilakukan dengan dukungan yang sesuai kebutuhan bagi pasien yang melaksanakan isoter tersebut.

Baca juga: Satlinlamil 2 Surabaya Suntik 350 Warga Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Ia pun meminta para pejabat TNI-Polri di lapangan harus dengan semangat membantu Pemerintah Daerah.

Selain itu, Hadi juga memuji sinergitas TNI-Polri khususnya para Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah bekerja dengan sangat baik dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Para Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini sudah bagus dan selalu kompak dalam bekerja sama melakukan tracing. Terlebih lagi saat ini sudah ada aplikasi Silacak untuk mempermudah pelaporan kasus konfirmasi positif,” kata dia.

Baca juga: RS Modular Pertamina Tanjung Duren Diresmikan, Siap Tampung Pasien Covid-19

Hadi juga meminta kepada pemerintah daerah melengkapi fasilitas isoter dan tumah aakit dengan nakes, obat, alkes, oksigen juga pengerahan bidan, relawan dan mahasiswa kedokteran serta dukungan obat dan logistik bagi masyarakat yang melaksanakan isoman dan isoter.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas