Tribun

Virus Corona

Migran dan Pengungsi Rentan Terpapar Covid-19, WHO Terbitkan Panduan Vaksinasi Khusus

WHO menyebut, pengungsi dan migran lebih mungkin mengalami beban infeksi Covid-19 yang lebih tinggi.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Migran dan Pengungsi Rentan Terpapar Covid-19, WHO Terbitkan Panduan Vaksinasi Khusus
Wakil KOHSAR / AFP
Keluarga pengungsi internal Afghanistan. Migran dan Pengungsi Rentan Terpapar Covid-19, WHO Terbitkan Panduan Vaksinasi Khusus 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- World Health Organization (WHO) menyebut, pengungsi dan migran lebih mungkin mengalami beban infeksi Covid-19 yang lebih tinggi dan secara tidak proporsional terwakili dalam kasus, rawat inap, dan kematian.

Baru-baru ini, WHO mengeluarkan pedoman tentang National Deployment and Vaccination Plans (NDVPs) atau Rencana Penerapan dan Vaksinasi Nasional.

Pada 31 Agustus 2021, WHO menerbitkan Panduan Interim 'Imunisasi Covid-19 dalam pengungsi dan migran: prinsip dan pertimbangan utama'.

Baca juga: BPBD Kabupaten Lebak Bangun Pos Pengungsian untuk Korban Kebakaran di Badui Luar

Baca juga: Mantan Direktur WHO Asia Tenggara Sarankan Biaya Penanganan Long Covid-19 Ditanggung Pemerintah

Mengutip laman resmi WHO, dokumen tersebut memberikan informasi tentang tantangan dan hambatan utama untuk mengakses layanan vaksinasi, seperti stigma, pengucilan dan ketidakpercayaan, yang mengakibatkan rendahnya pengambilan vaksin dan keraguan; kurangnya sarana dan informasi keuangan; ketakutan mengenai biaya, keamanan dan deportasi atau penahanan.

Ratusan pengungsi Afghanistan demo di depan Bank CIMB Niaga, Kecamatan Medan Baru, Selasa (7/9/2021). Ini adalah unjuk rasa kesekian kali yang dilakukan untuk meminta dipindahkan ke negara tujuan suaka
Ratusan pengungsi Afghanistan demo di depan Bank CIMB Niaga, Kecamatan Medan Baru, Selasa (7/9/2021). Ini adalah unjuk rasa kesekian kali yang dilakukan untuk meminta dipindahkan ke negara tujuan suaka (TRIBUN MEDAN/GOKLAS WISELY)

Berikut panduan sementara vaksinasi untuk migran dan pengungsi seperti dikutip dari laman Covid-19.go.id :

1. Praktik yang baik dan menyoroti prinsip dan pertimbangan utama yang berasal dari hak dan kebijakan serta praktik untuk memastikan bahwa pengungsi dan migran memiliki akses yang sama untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

2.Hambatan yang mencegah mereka mengakses layanan ditangani dengan benar.

3. Prinsip dan pertimbangan termasuk memastikan akses universal dan setara terhadap vaksin COVID-19 bagi pengungsi dan migran tanpa memandang status migrasi, dengan akses yang sama dengan warga negara.

4. Mengatasi hambatan yang mencegah pengungsi dan migran mengakses layanan vaksinasi COVID-19 dan perjalanan internasional.

Halaman
12
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas