Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kumpulan Tanya Jawab, Vaksin Booster Covid-19 dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) atau Indonesian Society of Internal Medicine merilis informasi seputar vaksin booster.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kumpulan Tanya Jawab, Vaksin Booster Covid-19 dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Tenaga medis bersiap menyuntikkan vaksin Covid-19 Pfizer booster saat pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga di Kantor OJK, Wisma Mulia 2, Jakarta Selatan, Minggu (23/1/2022). Pemerintah mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 booster atau vaksin dosis ketiga kepada masyarakat umum. Vaksin booster bertujuan untuk memperkuat imunitas masyarakat di tengah serbuan virus corona varian Omicron di Indonesia. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) atau Indonesian Society of Internal Medicine merilis informasi seputar vaksin booster untuk Covid-19

Diketahui, sejak pertengahan Januari lalu pemerintah menggencarkan pelaksanaan vaksinasi booster ini serta vaksinasi primer bagi lansia dan anak-anak. 

Berikut pertanyaan seputar vaksin booster Covid-19 yang dirangkum dari rilis PAPDI yang diterima Tribunnews.com, Selasa (1/2/2022).

1. Apa beda vaksin booster dan vaksin ketiga? 

Vaksin booster diberikan pada individu yang telah diberikan vaksinasi primer lengkap dan mencapai kadar antibodi yang adekuat, namun seiring kadar antibodi tersebut semakin menurun sehingga perlu diberikan booster. 

Sementara vaksin ketiga adalah vaksin yang diberikan pada individu yang setelah dua kali vaksin primer lengkap kadar antibodinya belum tercapai secara adekuat sehingga perlu diberikan vaksin ketiga. 

BERITA REKOMENDASI

Contohnya, pada kelompok imunokompromais berat seperti individu post transplantasi organ atau keganasan hematologi. Pengukuran antibodi sesudah vaksinasi dilakukan dalam rangka penelitian dan pemeriksaan tersebut tidak dianjutkan di luar penelitian 

2. Mengapa perlu vaksin booster?

Baca juga: Jokowi Minta Vaksinasi Booster Dipercepat dan Kedisiplinan Prokes Makin Ditegakkan

Vaksin booster diperlukan untuk mningkatkan kembali kadar antibodi yang menurun seiring dengan waktu sehingga kekebalan terhadap infeksi Covid-19 meningkat adekuat. 

3. Apa yang dimaksud booster homolog dan heterolog? 

Vaksin booster homolog merupakan vaksin yang diberikan dengan jenis vaksin yang sama, misalnya jika vaksin primernya diberikan dengan vaksin Sinovac maka vaksin boosternya dengan Sinovac juga. 

Sedangkan booster heterolong yaitu vaksin booster yang diberikan dengan jenis vaksin primer yang berbeda, misalnya vaksin primer dengan Sinovac dan boosternya dengan vaksin Pfizer. 

4. Apakah setiap tahun perlu divaksin booster? Apakah aman divaksin terus menerus? 

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas