Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Siapkan Transisi 6 Bulan Sebelum Terapkan Buka Masker di Luar Ruangan

(Jokowi) mengatakan meskipun mudik lebaran Idul Fitri 2022 kini diperbolehkan, namun kewaspadaan dan kehati-hatian akan penularan Covid-19 perlu dilak

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Jokowi Siapkan Transisi 6 Bulan Sebelum Terapkan Buka Masker di Luar Ruangan
Tangkap layar kanal YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan meskipun mudik lebaran Idul Fitri 2022 kini diperbolehkan, namun kewaspadaan dan kehati-hatian akan penularan Covid-19 perlu dilakukan. 

"Memang mudik kita perbolehkan karena melihat angka-angka kasus harian sudah sangat rendah, dan kasus aktifnya sudah di bawah 20 ribu, memang rendah. Tapi apapun, ada masa transisi yang kita harus hati-hati," kata Jokowi usai meninjau sirkuit Formula E, di Jakarta Utara, Senin, (25/4/2022).

Oleh karenanya, Presiden tidak akan mengikuti negara-negara lain yang buru-buru menerapkan kebijakan membuka masker.

Presiden mengatakan ada waktu transisi selama enam bulan untuk melihat perkembangan kasus sebelum menerapkan kebijakan buka masker di luar ruangan.

Baca juga: Jumlah Pemudik Diprediksi Lebih Besar, Satgas Covid-19: Tetap Pakai Masker dan Jaga Kesehatan Diri

"Saya tidak ingin kayak negara-negara lain, buka masker, ndak. ini masih ada transisi, kira-kira 6 bulan. Kita lihat seperti apa, baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam tetap masih pakai masker," katanya.

Menurut Presiden ada tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum merubah status dari pandemi menjadi endemi.

Perubahan status tersebut tidak perlu tergesa gesa, apalagi Indonesia pernah mengalami beberapa kali lonjakan kasus Covid-19.

BERITA REKOMENDASI

"Ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa,  karena apapun kita punya pengalaman, saat (varian) Delta seperti apa, saat Omicron seperti apa, sehingga kehati-hatian, kewaspadaan tetap harus," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas