Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Permudah Mobilitas Jemaah Haji di Mina, Indonesia dapat Tambahan Fasilitas Mobil Golf

Tambahan fasilitas ini diusulkan oleh Kemenag berdasar pada hasil evaluasi penyelenggaraan ibadah Haji tahun lalu.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Permudah Mobilitas Jemaah Haji di Mina, Indonesia dapat Tambahan Fasilitas Mobil Golf
istimewa/dok Kemenag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jemaah haji kloter pertama dari Embarkasi Kertajati (KJT-01), di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JEDDAH - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa selama ibadah Haji tahun ini, Indonesia memperoleh tambahan fasilitas dari Arab Saudi.

Fasilitas tersebut berupa mobil golf yang akan digunakan untuk membantu pergerakan para jemaah dari tenda di Mina hingga titik terdekat jamarat yang bisa diantar menggunakan mobil.




Pernyataan ini disampaikannya setelah mengikuti pembukaan Muktamar Perhajian bertema 'Fiqh at-Taysir fil-Hajj' yang digelar Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Jeddah pada Selasa (20/6/2023).

"Alhamdulillah untuk jemaah kita yang maktabnya nanti di Mina relatif jauh, kita mendapat tambahan fasilitas mobil golf untuk membantu mereka sampai titik terdekat dengan jamarat," kata Menag Yaqut.

Baca juga: Cegah Kaki Melepuh, Kementerian Agama Luncurkan Gerakan Siaga Sandal dan Alas Kaki Bagi Jemaah Haji

Menurutnya, fasilitas tambahan ini sangat membantu mobilitas para jemaah. 

"Ini sangat membantu dan kita terus berupaya agar jumlahnya terus ditambah," jelas Menag Yaqut. 

BERITA TERKAIT

Tambahan fasilitas ini, kata dia, memang diusulkan oleh Kemenag berdasar pada hasil evaluasi penyelenggaraan ibadah Haji tahun lalu.

Menag Yaqut menjelaskan bahwa karena jarak tempuh yang cukup jauh dari tenda menuju jamarat, para jemaah tentu memerlukan sarana transportasi agar tidak terlalu kelelahan.

Mobil golf ini pun akan sangat berguna dalam mempercepat proses evakuasi jika ada hal buruk yang terjadi pada jemaah.

"Tahun lalu kita minta ke Kementerian Haji agar disiapkan mobil golf di Mina untuk melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu terhadap jemaah Haji kita. Infonya tahun ini dipenuhi, ada 15 mobil golf yang disiapkan," papar Menag Yaqut.

Sementara itu, dalam upaya membantu mobilitas jemaah haji, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pun telah menyiapkan ratusan kursi roda.

Kursi roda ini akan digunakan saat mereka berads di Arafah-Muzdalifah dan Mina (Armuzna), serta area Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Setelah mengikuti pembukaan Muktamar Perhajian, Menag Yaqut pun dijadwalkan melakukan peninjauan terkait kesiapan layanan di Armuzna.

Selain mobil golf, tenda jemaah Haji Indonesia di Arafah pun turut mendapatkan tambahan toilet.

Setiap Maktab, disiapkan toilet dengan 10 pintu, ini tentunya akan menambah keberadaan 20 toilet yang sudah ada sebelumnya.

"Hari ini kita cek kesiapan tambahan toilet di Arafah, termasuk juga renovasi dapur-dapur yang disiapkan untuk memasak makanan jemaah," pungkas Menag Yaqut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas