Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Indonesia Jadi Pusat Produksi Pupuk ASEAN

Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia yang makin membaik membuat ASEAN menempatkan Indonesia menjadi sentra beberapa

Penulis: Nurfahmi Budi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Indonesia Jadi Pusat Produksi Pupuk ASEAN
ist
MS Hidayat, Meteri Perindustrian 

TRIBUNNEWS.COM, NUSA DUA - Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia yang makin membaik membuat ASEAN menempatkan Indonesia menjadi sentra beberapa hal terkait industri.

Dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-19 ASEAN, disepakati Indonesia menjadi basis produksi pembuatan pupuk yang akan dikonsumsi untuk kawasan Asia Tenggara, khususnya negara-negara anggota ASEAN.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan, pusat pembuatan pupuk ini berlokasi di Aceh.




"Ini hal positif, dan tentu saja akan memberikan banyak manfaat bagi terbukanya lapangan kerja. Ini proyek kontinyu, dan saya pikir kesempatan tersebut juga menjadi ujian bagi kapabilitas yang sesungguhnya dari Indonesia. Ingat, pupuk sangat berarti bagi seluruh negara ASEAN, yang beriklim tropis dan mengandalkan pertanian sebagai basis utama suplai makanan pokok," tegas MS Hidayat.

Proyek yang belum terang berapa kapasitas produksi ini nantinya akan sejalan dengan beberapa item lain yang berkenaan dengan kerjasama antarnegara ASEAN, menuju ASEAN Economic Community.

Selain pupuk, beberapa hal teknis lain yang akan segera dilakukan ASEAN antara lain pengaturan dan penciptaan energi ramah lingkungan, pemanfaatan tenaga matahari, pengelolaan air dan peningkatan ketersediaan pangan, yang harus diwaspadai sebagai akibat dari perubahan iklim global.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas