Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wanita Berusia 86 Tahun Meninggal Usai Selesaikan Marathon

Wanita tertua yang ikut New York Marathon, meninggal pada Senin (4/11/2013). Dia berusia 86 tahun.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Wanita Berusia 86 Tahun Meninggal Usai Selesaikan Marathon
Jonathan Sprague for The Wall Street Journal
Joy Johnson. Gambar diambil beberapa hari sebelum New York Marathon yang digelar Minggu (3/11/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Wanita tertua yang ikut New York Marathon, Minggu (3/11/2013), meninggal pada keesokan harinya, Senin (4/11/2013). Dia berusia 86 tahun.

Joy Johnson berasal dari San Jose, California, Amerika Serikat. Dia menyelesaikan maraton yang menempuh jarak 42,2 kilometer tersebut dalam waktu kurang dari 8 jam.

Johnson tersandung di kilometer 32 dan kepalanya terbentur. Dia mendatangi tenda medis setelah menyelesaikan maraton dan menolak desakan untuk dibawa ke rumah sakit.

"Dia tidak pernah benar-benar berlari untuk bersaing , ia berlari karena dia menyukainya," ujar putri bungsu Johnson, Diana Boydston kepada AFP melalui pembicaraan di telepon.

Perempuan yang akan berumur 87 bila masih hidup sampai Natal mendatang, telah menjadi guru pendidikan jasmani dan pelatih selama bertahun-tahun. Setelah pensiun dia hanya memilih lari sebagai olahraganya.

Johnson menyelesaikan New York Marathon untuk ke-25 kali berturut-turut, pada maraton terakhirnya itu. Waktu cepat yang pernah dibukukan Johnson adalah di bawah 4 jam, pada 1991. Dia juga tercatat enam kali menjadi perempuan pertama yang menyentuh garis finis di kelompok umurnya.

"Dia benar-benar menakjubkan," kata Boydston. Latihan lari yang dijalani Johnson sudah cukup santai pada tahun-tahun terakhir, tapi masih tergolong berat untuk orang kebanyakan pada kisaran umur yang sama.

BERITA TERKAIT

Pada Minggu itu, Johnson pergi ke New York bersama adiknya, Faith. Setelah maraton usai, kebiasaannya adalah mandi air panas dan pergi tidur. Keesokan harinya, menjadi kebiasaan Johnson pula untuk mendatangi Plasa Rockefeller, tempat TV NBC merekam acara "Today".

Sesudah itu, Johnson dan adiknya kembali ke hotel tempat mereka menginap. Sesampai di hotel, Johnson merebahkan diri untuk beristirahat. Kali ini, dia tak pernah bangun lagi.

Boydston bicara terakhir kali dengan ibunya adalah satu hari sebelum perlombaan. Menurut dia, sang ibu terdengar "sangat bahagia". "Saya katakan padanya, 'I love you'," tutur Boydston.

New York Marathon pada tahun ini hanya diikuti 31 orang berusia lebih dari 80 tahun, di antara total 50.000-an orang yang mengikuti perlombaan tersebut.

Johnson berada di tempat keempat di kelompok umurnya, 80-89 tahun. Pada maraton ini, peserta tertua adalah lelaki berusia 89 tahun.

"Kami sedih mendengar Joy meninggal. Dia inspirasi bagi kami semua," kata Chris Weiller, juru bicara penyelenggara New York Road Runners .

Suami Johnson meninggal 15 tahun yang lalu. Dia meninggalkan 3 dari 4 anak yang masih hidup, dan enam cucu. AFP

Tags:
Sumber: AFP
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas