Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Foto Selfie Ada Sejak 1893, Ini Orang yang Pertama Kali Memperkenalkannya

Foto "selfie" sendiri baru jadi tren dalam beberapa tahun terakhir dan berlomba-lomba diupload di media sosial.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Foto Selfie Ada Sejak 1893, Ini Orang yang Pertama Kali Memperkenalkannya
publicdomainreview
Robert Cornelius pada tahun 1839 mengambil foto dirinya sendiri di toko keluarganya di Philadelphia. Di balik foto tersebut ia menulis, “The first light picture ever taken. 1839“. Foto ini disebut-sebut sebagai gaya selfie pertama di dunia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahukah Anda jika gaya foto "selfie" sebenarnya sudah ada di awal abad 19?

Foto "selfie" sendiri baru jadi tren dalam beberapa tahun terakhir dan berlomba-lomba diupload di media sosial.

Nah, bicara soal "selfie" laman sociallywow.com membeberkan beberapa fakta berikut ini :

1. Selfie pertama tahun 1839
Selfie pertama dilakukan oleh seorang pria bernama Robert Cornelius pada tahun 1839. Ia mengambil foto dirinya sendiri di toko keluarganya di Philadelphia. Di balik foto tersebut ia menulis, “The first light picture ever taken. 1839“.

2. Selfie anti-mainstream tahun 1966
Buzz Aldrin adalah orang pertama yang ber-foto gaya selfie dengan latar belakang bumi. Selfie ini dia lakukan ketika sedang menjalani misi Gemini 12 pada November 1966. Buzz ditugasi untuk memotret sinar ultraviolet yang dipancarkan bintang. Ketika matahari mulai muncul, ia memotret dirinya sendiri. Kemudian ia membagi fotonya ini lewat account Twitternya, @TheRealBuzz.

3. Diperkenalkan Flickr tahun 2004
Kata selfie pertama kali muncul di Flickr pada tahun 2004, namun butuh hampir satu dekade sampai menjadi populer.

4. Terkenal sejak 2012
Penggunaan istilah selfie dalam bahasa Inggirs naik 17,000 persen sejak akhir 2012. Majalah Time memasukan istilah ini dalam top 10 buzzwords 2012.

BERITA TERKAIT

5. Masuk kamus Oxford sejak Agustus 2013
Menurut Oxford, selfie diartikan sebagai “a photograph that one has taken of oneself, typically one taken with a smartphone or webcam and uploaded to a social media website.” Pada tahun 2013 selfie juga mendapat predikat word of the year.

6. Muncul istilah “selca”
Istilah selca ini adalah kombinasi dari “self” dan “camera“. DIperkenalkan oleh selebriti Korea.

7. Miley Cyrus Ratu Selfie di Twitter
Selebriti kelahiran 23 November 1992 ini adalah selebriti dengan selfie terbanyak. Ia telah membagi 121 selfie di akun twitternya sampai Oktober 2013. Diikuti oleh Tyra Banks dengan 62 selfie dan Kendall Jenner dengan 35 selfie.

8. Kylie Jenner Ratu Selfie di Instagram
Sejak membuat akun Instagram pada Juni 2012, Kylie Jenner telah menjadi selebriti dengan selfie terbanyak di jejaring Instagram, yaitu sebanyak 451. Diikuti oleh Snoop Dogg dengan 271 selfie dan Ariana Grande dengan 243 selfie.

9. Selfie peraih Oscar
Ellen DeGeneres berhasil mengumpulkan 11 selebritis, Jared Leto, Jennifer Lawrence, Channing Tatum, Meryl Streep, Julia Roberts, Kevin Spacey, Brafley Cooper, Brad Pitt, Peter Nyong’o, Lupita Nyong’o, Angelina Jolie dan dirinya untuk selfie bersama. Foto dengan caption, “If only Bradley’s arm was longer. Best photo ever. #oscars” ini berhasil mendapat lebih dari 3,000,000 retweet.

10. Mayoritas perempuan
Perempuan memang lebih banyak selfie daripada laki-laki. Namun, laki-laki di atas 30 tahun lebih banyak membagi selfienya di media sosial daripada perempuan di atas 30 tahun.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas