Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

20 Tahun Lalu Gempa Hanshin Meluluhlantakkan Kota Kobe Jepang

Dua puluh tahun yang lalu sekitar pukul 06.00 pagi bencana alam gempa bumi berkekuatan sekitar 6,8 skala Richter terjadi di Kobe dan sekitarnya.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in 20 Tahun Lalu Gempa Hanshin Meluluhlantakkan Kota Kobe Jepang
Asahi
Kejadian 20 tahun lalu seorang polisi Masakazu Takeuchi (39) memapah seorang kakek korban gempa bumi Hanshin di Kobe Ashiyashi Tsuchicho, Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Dua puluh tahun yang lalu atau tepatnya 17 Januari 1995 sekitar pukul 06.00 pagi bencana alam gempa bumi berkekuatan sekitar 6,8 skala Richter terjadi di Kobe dan sekitarnya.

Koresponden Tribunnews.com menyaksikan secara langsung dan melakukan peliputan berita, lewat helikopter kehancuran Kota Kobe tersebut serta asap api yang masih mengepul di mana-mana. Ini berkat bantuan dari Humas Kansai (Osaka Kobe dan sekitarnya) kepada wartawan asing di Jepang.

Seorang polisi Jepang yang baru dua minggu lulus dari pendidikan polisi, Masakazu Takeuchi (39), spontan membantu salah satu korban, seorang kakek dan dipapahnya dari Kobe Ashiyashi Tsuchicho, dipindahkan ke tempat pengungsian umum di Kobe.

Foto kemanusiaan Takashi Hanai dari Asahi ini mendapat popularitas tinggi di Jepang. Mengingatkan kita semua betapa menderitanya Kobe dan sekitarnya 20 tahun lalu sehingga mengakibatkan 6.433 orang meninggal dunia.

Pengamatan Tribunnews.com saat itu, jembatan hancur semua berantakan, bagian pelabuhan hancur berantakan, crane rusak semua, tanah terbelah, kebakaran di mana-mana, listrik darurat, transportasi terputus. Namun berkat kerja sama semua warga Jepang dan bantuan warga asing termasuk para pelajar Indonesia yang ada di Jepang, dalam kurun waktu satu tahun daerah gempa tersebut langsung pulih kembali seperti normal sebelum gempa bumi.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas