Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Boko Haram Ancam Menyerang Kamerun

Ini adalah kali pertama Shekau mengancam langsung Kamerun dan sekaligus pengakuan pertama soal operasi Boko Haram di wilayah Kamerun.

Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Boko Haram Ancam Menyerang Kamerun
Kompas.com
Dalam video terbarunya, pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau terlihat menembakkan senapan anti-pesawat udara. Dalam video itu Shekau membantah kabar kematiannya yang disebar militer Nigeria. 

TRIBUNNEWS.COM, ABUJA - Pemimpin kelompok militan Boko Haram Abubakar Shekau lewat sebuah video yang diunggah ke situs YouTube mengumbar ancaman terhadap Kamerun.

Lewat video yang diunggah pada Senin (5/1/2015) itu, Shekau menebar ancamannya langsung kepada Presiden Kamerun Paul Biya setelah berulang kali terlibat kontak senjata dengan militer Kamerun di wilayah utara negeri itu.

"Hai Paul Biya, jika kau tak menghentikan rencana jahatmu, kau akan merasakan apa yang dirasakan Nigeria. Pasukanmu tak bisa melakukan apapun terhadap kami," kata Shekau yang dalam video itu menggunakan bahasa Arab.

Ini adalah kali pertama Shekau mengancam langsung Kamerun dan sekaligus pengakuan pertama soal operasi Boko Haram di wilayah Kamerun.

Wilayah utara Kamerun beberapa kali menjadi ajang baku tembak dengan Boko Haram dan pada 28 Desember lalu, Yaounde untuk pertama kalinya mengerahkan pesawat-pesawat jet untuk menyerang Boko Haram.

Serangan udara itu diperintahkan langsung oleh Presiden Biya setelah pasukan Boko Haram melintasi perbatasan Nigeria-Kamerun dan menduduki sebuah pos militer.

Presiden Kamerun telah mengeluarkan serangkaian pernyataan keras terhadap Boko Haram dan pada Oktober tahun lalu bersumpah akan memerangi kelompok itu hingga Boko Haram binasa.

BERITA TERKAIT

Pada Mei tahun lalu, sebuah pertemuan tingkat tinggi yang melibatkan negara-negara tetangga Nigeria digelar di Perancis dan dirancang untuk mendeklarasikan perang terhadap Boko Haram.

Namun, kesepakatan kunci KTT itu untuk membentuk pasukan regional hingga kini belum terwujud. Sementara pemerintah Kamerun berulang kali mengkritik buruknya kordinasi antarnegara dalam merespon aksi Boko Haram.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas