Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berikut Spesifikasi Pesawat Asing untuk Padamkan Kebakaran Hutan di Indonesia

Malaysia dan Rusia bersedia memberikan bantuan pesawat amfibi Bombardier CL415MP dan Beriev Be-200 untuk memadamkan kebakaran lahan.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Y Gustaman
www.aer.ita.br
Pesawat Bombardier CL415MP.
airtanker.org
Pesawat Beriev Be-200.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania Christine

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Indonesia akhirnya meminta bantuan negara tetangga untuk menyelesaikan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan dan Sumatera yang menimbulkan kabut asap .

Terbukanya Indonesia atas bantuan direspon dua negara dan mereka sepakat mengirim dua jenis pesawat khusus yang akan membantu menangani kebakaran hutan di Indonesia.

Dikutip dari The Sun Daily, Menteri Pertahanan Malaysia, Hishammuddin Hussein, mengatakan Angkatan Udara Kesultanan Malaysia akan mengirimkan pesawat amfibi Bombardier CL415MP.

Sedangkan, The Straits Times mengatakan Rusia sudah sepakat menawarkan kepada Indonesia pesawat Beriev Be-200, yang disebut dapat melancarkan bom air dan memadamkan api.

Berikut adalah spesifikasi singkat dua pesawat yang diyakini dapat menangani kebakaran hutan Indonesia, disadur dari berbagai sumber:

Bombardier CL415MP
Pesawat amfibi buatan Kanada ini dirancang khusus sebagai pesawat damkar udara, yang dilengkapi dengan sistem pengeluaran air modern untuk melancarkan bom air.

BERITA TERKAIT

Beriev Be-200
Selain dirancang untuk mengangkut air dan memadamkan api, pesawat amfibi buatan Rusia ini juga yang bisa digunakan untuk operasi SAR, patroli air, hingga mengangkut barang dan orang. (The Straits Times/The Sun Daily)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas