Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Suriah Temui Presiden Rusia Bahas Kerjasama Militer

Presiden Suriah Bashar Assad dikabarkan mengunjungi Rusia

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Presiden Suriah Temui Presiden Rusia Bahas Kerjasama Militer
Huffington Post/AP/Kremlin Pool/Alexei Druzhinin/Ria Novosti
Presiden Suriah Bashar Assad (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan saat bertemu di Moskow, Rusia, Selasa (20/10/2015). (Huffington Post/AP/Kremlin Pool/Alexei Druzhinin/Ria Novosti) 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Presiden Suriah Bashar al-Assad dikabarkan mengunjungi Rusia untuk menemui Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (20/10/2015).

Vladimir mengonfirmasi bahwa Bashar memang diundang untuk mengunjungi Moskow dan berterima kasih karena Bashar telah mau datang meski situasi di Suriah sedang "tragis".

Secara garis besar, menurut Huffington Post, kunjungan yang dikatakan mengejutkan itu menjadi ajang pembahasan kerjasama kemiliteran antara Rusia dan Suriah untuk melawan teroris.

Sedangkan, Washington Post mengatakan bahwa kedatangan Bashar menjadi tanda kuat bahwa Rusia memang mendukung Suriah melawan pemberontak, yang mendapat dukungan dari negara-negara Barat, termasuk AS.

Rusia selama ini menegaskan bahwa pihaknya melawan ISIS, yang sudah menguasai beberapa wilayah di Suriah. Namun, sejumlah pihak melihat bahwa serangan Rusia justru tak banyak yang menargetkan ISIS.

Hal itulah yang menyebabkan ada ketegangan antara kemiliteran Rusia dan AS, yang sama-sama melakukan serangan di Suriah. AS kerap menuduh Rusia bahwa negara itu tidak benar-benar berniat memberantas ISIS.

Dalam pertemuan itu, Vladimir juga mengatakan kerjasama Rusia dengan Suriah tidak akan sebatas di bidang kemiliteran saja, tetapi juga di bidang politik.

BERITA TERKAIT

"Kerjasama jangka panjang dapat dilakukan sebagai bagian dari proses politik, di mana segenap pihak politik, serta kelompok etnis dan agama apapun turut berpartisipasi," ucap Vladimir. (Huffington Post/Washington Post)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas