Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

FTI Japan Diharapkan Ikut Pasarkan Produk Indonesia di Jepang

Penyelenggaraan festival Indonesia di Hibiya Koen (Taman Hibiya) memiliki satu arti yang menarik karena dilakukan pemotongan ikan tuna Indonesia.

FTI Japan Diharapkan Ikut Pasarkan Produk Indonesia di Jepang
Istimewa
Pemotong ikan tuna 70 kilogram dari Indonesia sedang beraksi di Festival Indonesia Tokyo, Sabtu (28/7/2018). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Penyelenggaraan festival Indonesia di Hibiya Koen (Taman Hibiya) kemarin di tengah ancaman angin taifun dan hujan deras, memiliki satu arti yang menarik karena dilakukan pemotongan ikan tuna Indonesia seberat 70 kg secara tradisional Jepang.

"Acara ini memang telah kami rencanakan lama dan ternyata memang sangat menarik bagi semua pihak karena baru pertama kali dilakukan di sebuah festival Indonesia di Jepang," kata Kentaro Narumi, CEO FTI Japan Co.Ltd. kepada Tribunnews.com, Sabtu (28/7/2018).

Pada acara pemotongan ikan tuna Indonesia tersebut seorang petugas khusus Jepang dengan pakaian khusus bertopi terbalik untuk menyembunyikan dan merapikan rambutnya agar tidak terjatuh ke ikan tuna, memulai upacara dengan berdoa.

Ikan tuna dianggap sebagai mahluk yang suci memberikan kebahagiaan hidup bagi warga Jepang.

Oleh karena itu perlu diberikan satu kehormatan sebelum dilakukan pemotongan agar berjalan dengan baik dan daging ikannya dapat disantap dengan rasa nikmat.

"Pak Duta Besar juga menitipkan kepada saya agar kegiatan FTI Jepang ke depannya mungkin bisa ikut membantu memasarkan produk dari Indonesia ke pasar Jepang. Sehingga memberikan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia nantinya," tambah Narumi.

Baca: Air Mata Sang Suami Melepas Kepergian Brigadir Maria yang Meninggal Gantung Diri

FTI Japan saat ini berhasil menjual sekitar 17 ton ikan tuna Indonesia di Pasar Jepang dan memiliki target menjual sekitar 60 ton per bulan di tahun 2028 mendatang.

Dubes Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif
Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif (kiri), Kentaro Narumi (CEO FTI Japan Co.Ltd., dan Ali Amran Harahap, General Manager FTI Japan (kanan).

Banyak produk Indonesia dipasarkan dalam acara Festival Indonesia tersebut, namun karena hujan kemarin menghambat para tamu untuk melihat lebih santai berbagai produk Indonesia di berbagai booth.

Demikian pula angin kencang taifun membuat banyak booth kewalahan karena "pukulan" angin tersebut sempat memporakporandakan berbagai produk yang telah disusun rapi di beberapa kedai tersebut.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas