Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Misteri Isi Pesan Terakhir yang Tak Mau Disampaikan Jamal Khashoggi untuk Putra Tercinta

Fakta baru pembunuhan Jamal Khashoggi. Dia dipaksa untuk mengirim pesan ke putranya, Salah Khashoggi, sebelum akhirnya dibunuh.

Penulis: Aji Bramastra
zoom-in Misteri Isi Pesan Terakhir yang Tak Mau Disampaikan Jamal Khashoggi untuk Putra Tercinta
AFP
Anak Jamal Khashoggi, Salah Khashoggi dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman berjabat tangan seusai terjadinya peristiwa pembunuhan Jamal Khashoggi. 

TRIBUNNEWS.COM - Fakta baru terungkap dari pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Kolumnis di media Turki Hurriyet Daily News, Abdulkadir Selvi menyebut bila Jamal Khashoggi dipaksa untuk mengirim pesan ke putranya sebelum terbunuh.

"Tim eksekutor, yang terdiri dari orang-orang dekat Pangeran Muhammad bin Salman, menyuruh Khashoggi untuk mengirim pesan ke anaknya. Bila menolak, maka Khashoggi akan dibawa paksa ke Arab Saudi,"

Baca: Tolak Kirim Pesan kepada Anaknya, Jamal Khashoggi Berseteru dengan Pembunuh Sebelum Ajal Menjemput

"Khashoggi menolak, yang akhirnya membuat ia dikeroyok dan berakhir dengan dibunuhnya Khashoggi dengan dibekap memakai tas plastik," ujar Selvi.

Selvi menambahkan, belum mengetahui apa isi pesan yang harus disampaikan Khashoggi kepada putra sulungnya Salah.

Salah Khashoggi, yang juga memiliki paspor AS, tidak diperkenankan meninggalkan Arab Saudi selama beberapa bulan sejak ayahnya mulai mengkritik Pangeran MBS lewat tulisan-tulisannya di harian The Washington Post.

Baca: Donald Trump Tak Mau Dengarkan Rekaman Pembunuhan Khashoggi

Akibat tekanan pemeirntah AS menyusul kematian Khashoggi, pemerintah Saudi akhirnya mengizinkan Salah meninggalkan kerajaan itu.

BERITA TERKAIT

Sebelum meninggalkan Arab Sayudi pada 24 Oktober lalu Salah difoto sedang bersalaman dengan Pangeran MBS yang datang untuk mengucapkan bela sungkawa.

Namun, dalam foto itu terlihat tatapan mata Salah kepada MBS terlihat amat dingin saat keduanya berjabat tangan.

"Diketahui 15 anggota tim pembunuh yang datang ke Turki sebelumnya sudah menghubungi Salah," ujar Selvi.

"Salah satu teori menyebut, mereka ingin memaksa Khashoggi mengirim pesan kepada Salah untuk membebaskan diri mereka dari kasus pembunuhan," lanjut Selvi.

Dia menambahkan, jika investigasi internasional bisa digelar maka alasan mereka memaksa Khashoggi mengirim pesan bisa diungkap.

Selvi memaparkan, Ankara masih memiliki bukti tambahan lain termasuk alur percakapan internasional dari tim pembunuh ke Riyadh.

Pada 15 November lalu, Jaksa penuntut umum di Arab Saudi menuntut hukuman mati ke 5 aparat Saudi, dengan tudingan terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi.

Pemerintah Saudi mengadili total sebanyak 11 orang terkait kasus ini.

Dalam pengadilan di Arab Saudi, jaksa menyebut para terdakwa membunuh Jamal Khashoggi setelah berusaha merayunya untuk kembali ke Saudi.

Para anggota tim eksekutor kemudian melakukan kekerasan, karena Khashoggi menolak. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas