Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiga Hal Penting tentang Polandia-Tiongkok, "Tamu Undangan" Istimewa di CAEXPO 2019

Pada Jumat (2/8) lalu, telah digelar konferensi pers untuk mitra kerja sama undangan China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-16 di Guangzhou. Pertemuan ini menyo

Editor: Content Writer
zoom-in Tiga Hal Penting tentang Polandia-Tiongkok,
dok. CAEXPO 2019
Konferensi Pers CAEXPO ke-16 di Guangzhou, Jumat (2/8). 

Pada Jumat (2/8) lalu, telah digelar konferensi pers untuk mitra kerja sama undangan China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-16 di Guangzhou. Pertemuan ini menyoroti Polandia sebagai mitra undangan istimewa dalam CAEXPO 2019 yang akan dihelat di Nanning, Tiongkok, 20-23 September 2019.

Polandia adalah negara Eropa pertama yang diundang sebagai mitra kerja sama istimewa dan akan menjadi pemimpin delegasi Eropa pada CAEXPO 2019.

Konferensi pers diselenggarakan bersama oleh Konsulat Jenderal Polandia di Guangzhou dan sekretariat China-ASEAN Expo. Adam Bralczyk, Konsulat Jenderal Polandia di Guangzhou, dan Wang Lei, Sekretaris Jenderal China-ASEAN Expo, hadir dalam pertemuan tersebut.

Dengan terpilihnya Polandia sebagai mitra undangan istimewa pada CAEXPO 2019, maka hubungan ekonomi dan perdagangan antar kedua pihak tampaknya kian harmonis.

Dalam konferensi pers tersebut, setidaknya ada tiga hal penting yang diekspos mengenai hubungan Tiongkok dan Polandia dalam CAEXPO 2019.

Polandia adalah salah satu mitra dagang terbesar andalan Tiongkok

Wang Lei menyatakan bahwa Polandia adalah mitra dagang terbesar kesembilan Tiongkok di Uni Eropa sekaligus mitra dagang terbesar di Eropa Tengah dan Timur.

BERITA REKOMENDASI

Pernyataan itu pun didukung oleh hasil pencapaian kerja sama Tiongkok-Polandia dalam “Satu Sabuk, Satu Jalan” dan “Kerja Sama 17+1”. Pada tahun 2018, volume perdagangan Tiongkok-Polandia mencapai hasil fantastis sebesar US $ 24,58 miliar, dan perusahaan-perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Polandia mencapai angka US $ 2,27 miliar.

Selain itu, sederet bank Tiongkok yang mendirikan cabang di Polandia pun gencar menyuntikkan modal ke dalam ekonomi Polandia hingga US $ 1 miliar. Belum lagi dengan didirikannya penerbangan langsung antara ibu kota kedua negara setiap hari dan 20 persen kereta Eropa Tengah melewati Polandia, yang semakin memperkukuh mulusnya hubungan Tiongkok-Polandia.

caexpo konpers 22
Adam Bralczyk, Konsulat Jenderal Polandia di Guangzhou.

CAEXPO 2019 akan perkuat hubungan Polandia-Tiongkok dan negara ASEAN

CAEXPO 2019 akan menjadi platform publik yang mendorong kerja sama Polandia dengan Tiongkok dan negara-negara ASEAN.

Selama bertahun-tahun pelaksanaan CAEXPO, sektor bisnis dan perdagangan Polandia begitu menaruh perhatian besar pada pelaksanaan event ini.

Misalnya, pada 2017, Gubernur Pegunungan Carpathian Polandia, Valadislau Otell, memimpin delegasi untuk berpartisipasi dalam CAEXPO ke-14 dan mengadakan pertemuan untuk membahas lebih lanjut kerja sama dagang dengan Tiongkok dan negara ASEAN lainnya.

Begitu pun pada 2018, Konsulat Jenderal Polandia di Guangzhou berpartisipasi dalam pertemuan promosi utama negara “Satu Sabuk, Satu Jalan” di CAEXPO ke-15. Pada dua pergelaran CAEXPO sebelumnya, sejumlah perusahaan Polandia berpartisipasi dalam pameran dengan menunjukkan produk-produk unggulan seperti anggur merah, amber, dan kerajinan tangan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas