Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Akhir Observasi 14 Hari di Natuna, WNI Dipulangkan Pukul 12.00 WIB, Tiba di Jakarta Pukul 16.00 WIB

Setelah 14 Hari Jalani Observasi, 65 WNI di Natuna dari Jawa Timur Dipulangkan Pukul 12.00 WIB, Tiba di Jakarta Pukul 16.00 WIB

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Akhir Observasi 14 Hari di Natuna, WNI Dipulangkan Pukul 12.00 WIB, Tiba di Jakarta Pukul 16.00 WIB
Istimewa
Pegawai Kemkes sedang berolahraga dengan WNI dari Wuhan yang diobservasi di Natuna, Senin (3/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Masa observasi yang dijalani Warga Negara Indonesia (WNI) di Natuna telah berakhir.

Sebanyak 238 WNI di Natuna itu telah menjalani 14 hari masa observasi dan dinyatakan sehat.

Pukul 12.00 WIB nanti, 238 WNI di Natuna akan diterbangkan ke Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta untuk selanjutnya pulang ke daerah asal masing-masing.

Dikutip dari TribunBatam, disusun skema yang akan digunakan untuk memulangkan 238 WNI tersebut.

Nantinya, WNI di Natuna akan diterima langsung oleh pemerintah daerah setempat.

Boeing Batik Air A330-300 yang membawa warga negara Indonesia yang dievakuasi dari kota Wuhan, Cina, tiba di bandara Batam, Indonesia, 02 Februari 2020 EPA-EFE/STR.
Boeing Batik Air A330-300 yang membawa warga negara Indonesia yang dievakuasi dari kota Wuhan, Cina, tiba di bandara Batam, Indonesia, 02 Februari 2020 EPA-EFE/STR. (STR via KOMPAS.com)

Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto.

Ia menuturkan 30 provinsi di Indonesia susah memastikan akan melakukan penjemputan putra-putri daerah masing-masing ke Bandar Udara Halim.

BERITA REKOMENDASI

Termasuk 65 WNI di Natuna yang berasal dari Jawa Timur.

"Sudah dikonfirmasi perwakilan tiap provinsi akan menjemput mereka ke bandara," kata Yuri di komplek Hanggar.

"Lalu, dari bandara mereka dibawa ke kampung halamannya," terangnya.

Petugas mengevakuasi WNI yang tiba dari Wuhan di lokasi observasi Hangar Lanud Raden Sajad, Natuna, Kepri, Minggu (2/2/2020). WNI yang sebelumnya transit terlebih dahulu di Batam tersebut dievakuasi dari Wuhan, China, akibat merebaknya wabah Virus Corona. TRIBUNNEWS/PUSPEN TNI/ANDY
Petugas mengevakuasi WNI yang tiba dari Wuhan di lokasi observasi Hangar Lanud Raden Sajad, Natuna, Kepri, Minggu (2/2/2020). WNI yang sebelumnya transit terlebih dahulu di Batam tersebut dievakuasi dari Wuhan, China, akibat merebaknya wabah Virus Corona. (TRIBUN/PUSPEN TNI/ANDY)

Kemendagri Kirim 2 Petugas

Yuri menambahkan, dalam persiapan pemberangkatan WNI di Natuna pukul 12.00 WIB nanti, Kemendagri mengirim dua orang petugas pendampingan setiap provinsi.

"Sudah ditentukan, ada dua orang petugas yang akan mendampingi para WNI dari Natuna menuju Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta," katanya.

Untuk diketahui, 238 WNI dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada pukul 16.00 WIB.

Dalam video berdurasi 17 detik yang diterima Kompas.com dari Humas Kementrian Kesehatan RI, menunjukan bahwa tim observasi tengah melakukan desinfeksi atau membunuh kuman terhadap salah satu pesawat TNI AU berjenis Hercules yang sebelumnya dipergunakan untuk mengevakuasi 238 WNI dari Wuhan saat tiba di Bandara Hang Nadim menuju ke hangar Lanud Raden Sadjad Ranai, Natuna.
Dalam video berdurasi 17 detik yang diterima Kompas.com dari Humas Kementrian Kesehatan RI, menunjukan bahwa tim observasi tengah melakukan desinfeksi atau membunuh kuman terhadap salah satu pesawat TNI AU berjenis Hercules yang sebelumnya dipergunakan untuk mengevakuasi 238 WNI dari Wuhan saat tiba di Bandara Hang Nadim menuju ke hangar Lanud Raden Sadjad Ranai, Natuna. (SCREENSHOT VIDEO KEMENKES RI)
Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas