Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Seperti Apa Kondisi Penjara Level Maksimum Tempat Baru Polisi Penindih Leher George Floyd?

Sudah jadi rahasia umum, para napi di penjara-penjara di Amerika Serikat punya sambutan tak ramah bagi mantan polisi yang dihukum karena bermasalah.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Seperti Apa Kondisi Penjara Level Maksimum Tempat Baru Polisi Penindih Leher George Floyd?
DAVID HIMBERT/HANS LUCAS via REUTERS
Tangkapan layar yang menampilkan wajah Derek Chauvin saat menginjak leher George Floyd dengan lututnya, pada Rabu (27/5/2020) di Minneapolis, Amerika Serikat. Chauvin dikenal sebagai polisi bermasalah, yang sudah 10 kali menjadi subyek pengaduan. (DAVID HIMBERT/HANS LUCAS via REUTERS) 

Apa yang jadi alasan pemindahan penjara Derek Chauvin? Sudah jadi rahasia umum, para napi di penjara-penjara di Amerika Serikat punya sambutan tak ramah bagi mantan polisi yang dihukum

TRIBUNNEWS.COM, MINNEAPOLIS - Mantan Opsir polisi tersangka utama pembunuhan George Floyd, Derek Chauvin, dilaporkan ditransfer ke penjara berkeamanan maksimum.

Derek Chauvin, yang dipecat seusai video lututnya di leher Floyd viral, akan menempati sebuah sel di penjara Oak Park Heights yang berlokasi di Stillwater, Minnesota. 

Derek Chauvin sebelumnya ditahan di Penjara Wilayah Ramsey setelah ditahan di Minnesota.

Pada Minggu (31/5/2020), Derek Chauvin lalu dipindahkan ke Penjara Hennepin lalu dipindahkan lagi ke Oak Park Heights.

Departemen Hukuman (DOC) Minnesota menerangkan, Oak Park Heights merupakan penjara berkeamanan maksimum yang ada di sistem penegakan hukum mereka.

Seperti apa kondisi di sana?

BERITA TERKAIT

"Mayoritas tahanan di sini ditempatkan berdekatan, dengan beberapa narapidana membutuhkan pengawalan tingkat tinggi," ulas DOC.

Baca: Deretan Kasus Kekerasan yang Melibatkan Polisi Pembunuh George Floyd: Derek Chauvin Opsir Bermasalah

Lalu apa alasan Derek Chauvin dipindahkan? Apa karena alasan keamanan?

Sudah jadi rahasia umum, para napi di penjara-penjara di Amerika Serikat punya sambutan tak ramah bagi mantan polisi yang dihukum karena bermasalah.

Dikutip Tribunnews dari Minnesota.cbslocal, Komisaris Pemasyarakatan Paul Schnell mengatakan, alasan Derek Chauvin dipindahkan karena ada kekhawatiran tentang Covid-19.

Terutama, katanya, mengingat jumlah pengunjuk rasa yang telah ditangkap karena dianggap berbuat rusuh pada Minggu.

Baca: Kronologi Pecahnya Kerusuhan di Minneapolis Sebelum Menjalar Seantero AS: Massa Juga Menjarah Toko

Dalam foto yang dirilis Penjara Hennepin County pada 31 Mei 2020, nampak Derek Chauvin ketika diambil tampak depan dan samping. Mantan polisi Minneapolis itu dituding membunuh George Floyd, setelah videonya menindih leher pria kulit hitam berusia 46 tahun selama hampir sembilan menit viral di media sosial.
Dalam foto yang dirilis Penjara Hennepin County pada 31 Mei 2020, nampak Derek Chauvin ketika diambil tampak depan dan samping. Mantan polisi Minneapolis itu dituding membunuh George Floyd, setelah videonya menindih leher pria kulit hitam berusia 46 tahun selama hampir sembilan menit viral di media sosial. (AFP PHOTO/Hennepin County Jail/HANDOUT)

Lebih jauh, fasilitas tahanan di AS memang sempat dikritik karena menjadi pusat penyebaran Covid-19.

Terlebih, dikutip dariMinnesota.cbslocal, puluhan tahanan di fasilitas Moose lake, Willow River, dan St Cloud dinyatakan positif mengidap Covid-19 pada awal Mei 2020.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas