Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BREAKING NEWS: Eks Menteri Kehakiman Jepang Ditangkap Terkait Pelanggaran UU Pemilu

Kantor kejaksaan juga mencurigai akuisisi pelanggaran undang-undang pemilihan kantor publik sehingga menangkap keduanya pagi ini

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in BREAKING NEWS: Eks Menteri Kehakiman Jepang Ditangkap Terkait Pelanggaran UU Pemilu
Richard Susilo
Katsuyuki Kawai (57), mantan Menteri Kehakiman Jepang dan istrinya, Anri Kawai (kanan) saat dipanggil ke kantor PM Jepang sebelum diangkat sebagai menteri kehakiman September 2019 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pelanggaran UU Pemilu dengan bagi-bagi duit salah satunya, membuat mantan menteri kehakiman Jepang Katsuyuki Kawai (57) bersama isterinya, Anri Kawai (46) anggota parlemen majelis tinggi dari partai liberal demokrat (LDP) pagi ini (18/6/2020) ditangkap pihak kejaksaan dan langsung masuk tahanan.

"Kedua tersangka kami tangkap pagi ini dan langsung masuk tahanan," ungkap sumber Tribunnews.com pagi ini, Kamis (18/6/2020).

Baca: Rayakan Berakhirnya Lockdown, 16 Orang Malah Positif Corona

Di tengah-tengah kampanye pemilihan umum yang sangat konservatif di daerah pemilihan Hiroshima No. 3, sekitar Juli 2019, hampir 100 anggota parlemen lokal dicurigai mendapatkan uang ratusan ribu yen per orang dengan total sekitar 25 juta yen.

Kantor kejaksaan juga mencurigai akuisisi pelanggaran Undang-Undang pemilihan kantor publik sehingga menangkap keduanya pagi ini (18/6/2020).

Diduga bahwa dana kampanye digunakan untuk akuisisi atas pemilihan Anggota Dewan pada Juli tahun lalu ketika Senator Kawai terpilih untuk pertama kalinya di Hiroshima No.3, dan otoritas penuntutan secara sukarela meminta mantan Menteri Kehakiman Kawai diselidiki lebih lanjut.

Anri dicurigai kuat membagi-bagikan uang kepada para pendukungnya serta anggota parlemen lokal lain dan dibantu oleh suaminya yang akhirnya hanya sebulan sebagai Menteri kehakiman mengundurkan diri Oktober 2019.

BERITA TERKAIT

Pada bulan Maret tahun lalu, Senator Anri ditunjuk sebagai kandidat kedua partai di konstituensi Dewan Perwakilan Rakyat Hiroshima dengan dukungan dari markas besar LDP, dan setelah kampanye pemilihan konservatif yang sengit dengan organisasi perfektur saat ini yang dipromosikan oleh organisasi federasi perfektur akhirnya masuk ke pusat sebagai anggota majelis tinggi.

Kemarin keduanya mengundurkan diri dari keanggotaan LDP, namun Anri tetap tidak menunjukkan niat untuk melepas jabatannya sebagai anggota parlemen karena menganggap tidak bersalah dan tidak ada kesalahan sebagai anggota parlemen.

Baca: Penyebab Militer China Bentrok dengan India, Masalah Perbatasan di Sekitar Pegunungan Himalaya

Sementara itu, mantan Menteri Kehakiman Kawai, yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Kehakiman dan Asisten Perdana Menteri, menjabat sebagai Menteri Kehakiman setelah pemilihan Majelis Tinggi, tetapi pada Oktober tahun lalu kecurigaan pelanggaran pemilu dilaporkan oleh majalah mingguan Shukan Bunshun dan mengundurkan diri.

Kantor kejaksaan bermaksud untuk mengklarifikasi kasus pelanggaran pemilu yang belum pernah terjadi sebelumnya yang melibatkan politik lokal oleh istri mantan menteri kehakiman yang merupakan puncak administrasi hukum.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas