Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Carlos Ghosn Minta Nissan Jepang Mencabut Tuntutan Ganti Rugi 10 Miliar Yen

Carlos Ghosn yang diburu oleh interpol meminta Nissan mencabut tuntutan ganti rugi sebesar 10 miliar yen karena dianggap tanpa bukti.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Carlos Ghosn Minta Nissan Jepang Mencabut Tuntutan Ganti Rugi 10 Miliar Yen
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Mantan Chairman Nissan Jepang Carlos Ghosn (65) di depan Pengadilan Negeri Tokyo, Kamis (23/5/2019). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Mantan Chairman Nissan Motor Jepang, Carlos Ghosn yang diburu oleh interpol meminta Nissan mencabut tuntutan ganti rugi sebesar 10 miliar yen karena dianggap tanpa bukti.

"Ada banyak poin misterius dalam prosedur kali ini, dan ada spekulasi yang diangkat untuk menghindari pembayaran kompensasi kepada Ghosn, yang menjadi penyebab pernyataan palsu dalam laporan sekuritas. Ya, pihak Nissan perlu membuktikan fakta kriminal yang coba dibuktikan oleh penuntut dalam persidangan pidana, dan meskipun prosedur persidangan pidana ditangguhkan, kami ingin lebih dekat dengan kebenaran dalam persidangan ini," ungkap ketua tim pembela Ghosn, Nobuo Gohara dalam jumpa pers setelah persidangan selesai di Pengadilan Negeri Yokohama, Jumat (13/11/2020).

Mantan Chairman Nissan Carlos Ghosn telah memulai uji coba di mana Nissan Motor mengklaim telah menyebabkan kerusakan pada perusahaan dengan menyatakan informasi palsu dalam laporan sekuritas dan menuntut ganti rugi sekitar 10 miliar yen.

Kamera pengamanan (CCTV) dipasang pihak kejaksaan Jepang di rumah Carlos Ghosn di Minato-ku Tokyo untuk memonitor gerak Ghosn setiap harinya.
Kamera pengamanan (CCTV) dipasang pihak kejaksaan Jepang di rumah Carlos Ghosn di Minato-ku Tokyo untuk memonitor gerak Ghosn setiap harinya. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Pengacara Ghosn meminta Pengadilan untuk menolak pengaduan dan tuntutan Nissan tersebut.

Ghosn sendiri saat ini masih di Lebanon dan jadi buronan bagi interpol.

Ghosn melarikan diri ke Lebanon dengan tuduhan melanggar Financial Instruments and Exchange Act karena menyatakan kompensasi yang lebih sedikit dalam laporan sekuritas, mengatakan bahwa ada upaya mengoreksi pernyataan palsu dalam laporan sekuritas adalah tidak benar.

BERITA TERKAIT

Kompensasi sekitar 10 miliar yen untuk pengeluaran curang dari dana cadangan Nissan yang disebut "CEO Reserve" dan kerugian seperti kehilangan kredit perusahaan dan penurunan harga saham karena serangkaian tindakan penipuan oleh Ghosn, telah dituduhkan pihak Nissan.

Baca juga: Film Dokumenter tentang Buruan Interpol dari Jepang Charlos Ghosn akan Ditayangkan Akhir Tahun 2020

Sidang dimulai di Pengadilan Distrik Yokohama pada tanggal 13 November, dan pengacara mantan Chairman Ghosn menuntut agar pengaduan tersebut dibatalkan dan menunjukkan kesediaan untuk melawan.

Ia lantas mengklaim prosedur tersebut tidak masuk akal karena Nissan tidak memberikan bukti klaim tersebut.

Mantan Ketua Gone tidak muncul di pengadilan, dan menurut pengacara, dia terus mengadakan rapat melalui videophone dan cara lain.

"Saya dapat menyangkal bahwa tidak ada dasar," tulis Ghosn yang dibacakan pengacaranya siang ini.

"Gugatan perdata ini merupakan perpanjangan dari penyelidikan internal misterius oleh Nissan dan penangkapan serta penuntutan yang tidak adil oleh penuntut, dan melalui pengadilan yang adil itu diharapkan dapat membuktikan bahwa tidak ada dasar untuk tindakan ilegal."

Pengadilan di kasumigaseki Tokyo Jepang besok (8/1/2019) Carlos Ghosn akan bersaksi dalam bahasa Inggris mulai jam 10:30 selama 10 menit
Pengadilan di kasumigaseki Tokyo Jepang besok (8/1/2019) Carlos Ghosn akan bersaksi dalam bahasa Inggris mulai jam 10:30 selama 10 menit (Richard Susilo)

Nissan Motor Co., Ltd. menanggapi, "Gugatan tersebut adalah bagian dari kebijakan dasar kami untuk bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh penipuan yang disengaja dan serius dari mantan Presiden Ghosn. Kami berharap kebenaran terungkap melalui putusan pengadilan.

Sementara itu telah terbit buku baru yang sangat menarik, "Rahasia Ninja di Jepang" mengenai berbagai hal rahasia terkait "mata-mata" ninja yang beroperasi di Jepang sejak ratusan lalu lalu, informasi lebih lanjut ke: info@ninjaindonesia.com

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas