Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi Pengikut Trump, Dimana Bolsonaro Akan Berdiri Jika Biden Pimpin AS?

Selama dua tahun terakhir, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menemukan 'pasangan idealnya' pada diri Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
zoom-in Jadi Pengikut Trump, Dimana Bolsonaro Akan Berdiri Jika Biden Pimpin AS?
TV BRASIL via AFP
Tayangan dari TV Brasil menampilkan Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengenakan masker saat diwawancarai wartawan di istana kepresidenan Planalto Palace di Brasilia, pada Selasa (7/7/2020). Di hari itu Bolsonaro dinyatakan positif Covid-19, tapi mengaku dirinya baik-baik saja serta hanya mengalami gejala ringan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, RIO DE JANEIRO - Selama dua tahun terakhir, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menemukan 'pasangan idealnya' pada diri Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

Seperti kata pepatah 'butuh dua orang untuk menari tarian tango'.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Senin (30/11/2020), Bolsonaro memang telah mengikuti 'selangkah demi selangkah' jejak Trump, bahkan meskipun saat ia sedang tidak melayani kepentingan terbaik untuk negaranya.

Baca juga: Presiden Brasil Klaim Punya Sumber Info Soal Banyaknya Penipuan dalam Pemilu AS

Hal ini yang membuatnya mendapatkan julukan 'Tropical Trump'.

Namun saat Trump meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2020, lalu presiden terpilih dari Partai Demokrat Joe Biden mengambil alih kebijakan lingkungan dan luar negeri AS, di mana Bolsonaro akan berdiri?

Mantan Duta Besar Brasil untuk AS Rubens Ricupero mengatakan bahwa Bolsonaro akan 'berdiri sendiri'.

BERITA TERKAIT

"Ia akan berdiri sendiri, karena ia kehilangan panutannya dan satu-satunya sekutu kuatnya di dunia," kata Ricupero.

Baca juga: Presiden Brasil Ogah Ikut Vaksinasi Corona Padahal Pernah Terpapar Covid

Menurut Ricupero, Bolsonaro hanya memiliki hubungan baik dengan Trump, bukan pemimpin negara lainnya.

"Sedangkan dengan negara lainnya seperti Uni Eropa, Prancis, Jerman, China, hubungannya buruk. Dan ia memulai hubungannya dengan Presiden terpilih AS Joe Biden dengan langkah yang salah," tegas Ricupero.

Beberapa pekan setelah Biden mengalahkan Trump dalam pemilihan AS, Bolsonaro masih belum mengakui kemenangan mantan Wakil Presiden AS era Barack Obama itu.

Bolsonaro memang telah menjelaskan bahwa ia menyimpan dendam terhadap presiden terpilih AS itu atas komentar yang dilontarkan selama debat pertama calon presiden.

Saat itu Biden memang berbicara tentang bagaimana ia berencana untuk bergabung kembali dengan Perjanjian Paris tentang perubahan iklim.

Selain itu, Biden juga menawarkan bantuan untuk mengumpulkan dana sebesar 20 miliar dolar AS demi mendukung Brasil dalam memerangi kebakaran hutan di Amazon.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas