Tribun

Sekjen PBB Antonio Gutteres : Pengakuan AS Tak Pengaruhi Posisi PBB di Sahara Barat

Wilayah Sahara Barat diklaim pemberontak pro-kemerdekaan Maroko dan Front Polisario. Mereka memperoleh dukungan Aljazair di bekas wilayah Spanyol itu.

Editor: Setya Krisna Sumarga
Sekjen PBB Antonio Gutteres : Pengakuan AS Tak Pengaruhi Posisi PBB di Sahara Barat
pinterest.co.uk
Sekjen PBB, Antonio Guterres 

TRIBUNNEWS.COM, UN HQ - Perserikatan Bangsa-Bangsa menegaskan posisinya tidak berubah di wilayah Sahara Barat yang disengketakan setelah Amerika Serikat mengakui kedaulatan Maroko di sana.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres percaya solusi masalah itu dapat diselesaikan berdasarkan resolusi Dewan Keamanan.

Wilayah Sahara Barat diklaim pemberontak pro-kemerdekaan Maroko dan Front Polisario. Mereka memperoleh dukungan perjuangan tiga dekade di bekas wilayah Spanyol itu.

Baca juga: Pengakuan AS Atas Sahara Barat Jadi Konsesi Perdamaian Maroko-Israel

Baca juga: BREAKING NEWS : Presiden Trump Umumkan Maroko Sepakat Normalkan Hubungan dengan Israel

Sekjen PBB lewat pernyataan tertulis via juru bicaranya, Stephane Dujarric, Jumat (11/12/2020) menyampakan semua pihak agar menghindari tindakan apa pun yang dapat memperburuk situasi.

PBB mengerahkan misi penjaga perdamaian ke wilayah tersebut untuk memantau gencatan senjata dan seharusnya mengadakan referendum tentang status wilayah tersebut.

Pemungutan suara ditetapkan 1992 tetapi dibatalkan ketika Maroko keberatan daftar pemilih yang diusulkan. Mereka mengklaim daftar pemilih itu bias.

Rabat menolak opsi kemerdekaan Sahara Barat, dan mengatakan hanya otonomi yang mereka bakal sepakati di meja negosiasi.

Utusan PBB terakhir untuk konflik Sahara Barat mengundurkan diri pada 2019 dan belum ada penggantinya.

Sepakat Normalisasi Hubungan Politik Maroko-Israel

Presiden AS Donald Trump mengumumkan lewat akun Twitternya, Kamis (10/12/2020), pemerintah Maroko mencapai persetujuan menormalkan hubungan dengan Israel.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas