Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kongres Berakhir, Kim Jong Un Berambisi Tingkatkan Kemampuan Militer Korea Utara

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un menyerukan peningkatan kekuatan militer dan pencegahan perang nuklir yang lebih besar.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kongres Berakhir, Kim Jong Un Berambisi Tingkatkan Kemampuan Militer Korea Utara
KCNA VIA KNS / AFP
Tangkapan layar yang diambil dari siaran KCNA pada 10 Oktober 2020 menunjukkan rudal balistik antarbenua Korea Utara selama parade militer yang menandai ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh Korea, di alun-alun Kim Il Sung di Pyongyang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL -- Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un menyerukan peningkatan kekuatan militer dan pencegahan perang nuklir yang lebih besar.

Kantor berita KCNA melaporan, Rabu (13/1/2021), ambisi Kim itu disampaikan ketika kongres partai Buruh yang berkuasa ditutup setelah delapan hari.

Kongres Partai terjadi kurang dari dua minggu sebelum Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjabat dan di tengah mandegnya pembicaraan yang bertujuan mengakhiri program nuklir dan rudal Korut sebagai imbalan atas keringanan sanksi AS.

Baca juga: Filipina Kenakan Safeguard untuk Produk Otomotif, Ini Kata Menperin Agus Gumiwang

"Kita harus melakukan segala yang kita bisa untuk meningkatkan pencegah perang nuklir lebih jauh lagi saat kita membangun kemampuan militer terkuat," kata Kim seperti dikutip KCNA, pada akhir kongres, demikian dilansir Reutrs, Rabu (13/1/2021).

Sejak mengumumkan moratorium tes rudal balistik nuklir dan antarbenua (ICBM) yang dinyatakan pada 2018, Kim telah menyerukan produksi senjata nuklir yang berkelanjutan untuk gudang senjatanya, meluncurkan serangkaian rudal yang lebih kecil, dan meluncurkan apa yang akan menjadi ICBM terbesar Korea Utara belum pada parade pada bulan Oktober.

Secara terpisah, Kim Yo Jong, saudari pemimpin dan anggota Komite Pusat partai, mengkritik militer Korea Selatan karena memantau parade di Pyongyang.

Baca juga: SELAMAT Greg Nwokolo dan Kimmy Jayanti Dikaruniai Anak Kedua, Ini Nama yang Diberikan

BERITA TERKAIT

“ Langkah itu adalah ekspresi dari "pendekatan bermusuhan" Korea Selatan terhadap Korut,” katanya dalam pernyataan terpisah yang dilaporkan KCNA.

Militer Korea Selatan mengatakan pada hari Senin telah mendeteksi tanda-tanda bahwa Korea Utara mengadakan parade militer malam hari pada hari Minggu untuk kongres partai Buruh yang berkuasa.(Reuters)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas