Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

PM Jepang: Deklarasi Darurat Ketiga Covid-19 Dimulai 25 April hingga 11 Mei 2021

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengungkapkan deklarasi darurat ketiga di Jepang akan dilakukan mulai 25 April sampai dengan 11 Mei 2021.

PM Jepang: Deklarasi Darurat Ketiga Covid-19 Dimulai 25 April hingga 11 Mei 2021
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
PM Jepang Yoshihide Suga saat jumpa pers di Kantor PM Jepang, Kamis (22/4/2021) malam. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengungkapkan deklarasi darurat ketiga di Jepang akan dilakukan mulai 25 April sampai dengan 11 Mei 2021 jika disetujui tim ahli, Jumat (23/4/2021).

"Dari Tokyo, Osaka, Hyogo, dan Kyoto telah mengirimkan permintaan untuk deklarasi darurat. Demikian pula dari Ehime permintaan untuk tindakan prioritas," kata PM Suga, Kamis (22/4/2021) malam.

PM Suga ingin mengantisipasi penyebaran corona dan menekan serendah mungkin penyebaran virus tersebut.

"Kami ingin memusatkan perhatian pada upaya menekan serendah mungkin penyebaran infeksi corona terutama di saat Golden Week akan dimulai minggu depan," kata Suga.

Untuk itu besok, PM Suga akan berkonsultasi dengan tim ahli untuk jangka waktu penerapan deklarasi darurat ketiga Jepang tersebut.

"Setidaknya kami sedang memperkirakan deklarasi darurat antara 25 April sampai dengan 11 Mei 2021, dan akan diputuskan Jumat (23/4/2021), setelah berkonsultasi dengan tim ahli," paparnya.

Baca juga: Deklarasi Darurat Covid-19 Jepang Tidak Ada Kaitannya dengan Olimpiade

Menyusul penyebaran virus corona baru, pemerintah berkoordinasi untuk mengeluarkan keadaan darurat, dan Perdana Menteri Suga bertemu dengan Menteri Revitalisasi Ekonomi Nishimura dan Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Tamura di Kantor Perdana Menteri pada malam tanggal 22 April kemarin.

"Sub Komite Penanggulangan Kebijakan Dasar pada tanggal 23 April ini akan melakukan rapat. Saya juga telah memberi tahu hal ini kepada partai berkuasa. Jika disetujui, kantor pusat tanggapan pemerintah akan secara resmi memutuskan untuk mengeluarkan deklarasi tersebut," kata Suga.

Ini adalah ketiga kalinya deklarasi darurat Covid-19 dikeluarkan, setelah April dan Januari 2020.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas