Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Departemen Kehakiman AS Luncurkan Penyelidikan terhadap Polisi di Louisville

Departemen Kehakiman AS pada Senin (26/4/2021) meluncurkan penyelidikan terhadap aparat kepolisian di Louisville, Kentucky.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Departemen Kehakiman AS Luncurkan Penyelidikan terhadap Polisi di Louisville
JIM WATSON / AFP
Hakim Merrick Garland yang dinominasikan oleh Presiden terpilih AS Joe Biden untuk menjadi jaksa agung menyampaikan sambutan di The Queen theater 7 Januari 2021 di Wilmington, Delaware. 

TRIBUNNEWS.COM - Departemen Kehakiman AS pada Senin (26/4/2021) meluncurkan penyelidikan terhadap aparat kepolisian di Louisville, Kentucky.

Jaksa Agung Merrick Garland menuturkan, langkah tersebut diambil mengingat insiden yang terjadi tahun lalu ketika petugas di departemen kepolisian tersebut menembak dan membunuh wanita kulit hitam Breonna Taylor selama penggerebekan yang gagal.

Dilansir Al Jazeera, berita tersebut menandai penyelidikan kedua dalam seminggu yang diluncurkan oleh Departemen Kehakiman.

Rabu lalu, mulai serupa tinjauan dari Departemen Kepolisian Minneapolis setelah petugas semula, Derek Chauvin, itu dinyatakan bersalah membunuh George Floyd.

Baca juga: Polisi Tangkap Tersangka Penembakan Saat Protes Damai di Louisville

Baca juga: Praktik Kepolisian di Minneapolis akan Diselidiki Secara Menyeluruh setelah Putusan Derek Chauvin

Hakim Merrick Garland yang dinominasikan oleh Presiden terpilih AS Joe Biden untuk menjadi jaksa agung menyampaikan sambutan di The Queen theater 7 Januari 2021 di Wilmington, Delaware.
Hakim Merrick Garland yang dinominasikan oleh Presiden terpilih AS Joe Biden untuk menjadi jaksa agung menyampaikan sambutan di The Queen theater 7 Januari 2021 di Wilmington, Delaware. (JIM WATSON / AFP)

Penyelidikan ini dikenal sebagai “pola atau praktik” - memeriksa apakah ada pola atau praktik perpolisian yang tidak konstitusional atau melanggar hukum - dan akan menjadi tinjauan yang lebih menyeluruh dari seluruh departemen kepolisian.

"Penyelidikan akan menilai apakah LMPD (Departemen Kepolisian Metropolitan Louisville) terlibat dalam pola atau praktik menggunakan ... kekuatan yang tidak masuk akal, termasuk selama protes damai," kata Garland pada konferensi pers, Senin (26/4/2021).

“Ini akan menentukan apakah LMPD terlibat dalam pemberhentian, penggeledahan dan penyitaan yang tidak konstitusional serta apakah departemen secara tidak sah menjalankan perintah penggeledahan di rumah-rumah pribadi," tambahnya.

Baca juga: Putusan Kasus Breonna Taylor: Atlet LeBron James, Lewis Hamilton hingga Megan Rapinoe Mengaku Kecewa

Baca juga: Setelah Floyd, Breonna, Pellerin, Kasus Penembakan Jacob Blake Memicu Rusuh di Wisconsin

Breonna Taylor
Breonna Taylor (USA Today)
BERITA TERKAIT

Taylor yang berusia 26 tahun merupakan seorang teknisi medis darurat yang sedang belajar untuk menjadi perawat, dibangunkan dari tidur oleh polisi pada Maret 2020 yang datang melalui pintu menggunakan alat pendobrak.

Taylor mati kehabisan darah di lorong rumahnya.

Kematiannya memicu debat nasional tentang penggunaan apa yang disebut surat penggeledahan "tanpa ketukan", yang memungkinkan petugas memasuki rumah tanpa menunggu dan mengumumkan kehadiran mereka.

Surat perintah tersebut umumnya digunakan dalam kasus narkoba dan investigasi sensitif lainnya di mana polisi yakin tersangka kemungkinan besar akan menghancurkan bukti.

Tapi ada kritik yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir bahwa surat perintah itu digunakan secara berlebihan dan disalahgunakan.

Baca juga: Derek Chauvin Divonis Bersalah atas Pembunuhan George Floyd, Joe Biden Desak Reformasi Kepolisian

Baca juga: Putusan Derek Chauvin, Biden Harap Orang Kulit Berwarna Tak Takut Berinteraksi dengan Penegak Hukum

Derek Chauvin - Selain Dituntut Pasal Pembunuhan, Polisi yang Terlibat Tewasnya George Floyd Juga Dicerai Istrinya
Derek Chauvin (Kolase Tribunnews/CBS)

Anggota parlemen Kentucky mengeluarkan larangan parsial atas surat perintah larangan mengetuk bulan lalu, yang ditandatangani oleh gubernur negara bagian itu menjadi undang-undang pada 9 April.

Investigasi Departemen Kehakiman terhadap polisi Louisville dan Minneapolis menandai perubahan tajam dalam prioritas departemen di bawah Presiden Demokrat Joe Biden, yang telah memprioritaskan keadilan rasial.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas