Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Perintahkan Staf Kedutaan Tinggalkan Kabul Jelang Diakhirinya Perang 20 Tahun di Afghanistan

AS perintahkan staf Kedutaan meninggalkan kantornya di Kabul, dengan alasan meningkatnya ancaman ketika Washington bersiap mengakhiri perang 20 tahun

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in AS Perintahkan Staf Kedutaan Tinggalkan Kabul Jelang Diakhirinya Perang 20 Tahun di Afghanistan
Brendan Smialowski / AFP
Presiden AS Joe Biden berbicara tentang panduan CDC terbaru tentang masker untuk orang-orang yang telah divaksinasi penuh selama acara di depan Gedung Putih 27 April 2021, di Washington, DC. 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat memerintahkan staf Kedutaan meninggalkan kantornya di Kabul, dengan alasan meningkatnya ancaman ketika Washington bersiap mengakhiri perang 20 tahun di Afghanistan.

Perintah itu datang dua minggu setelah Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa pasukan AS, saat ini berjumlah sekira 2.500, akan meninggalkan negara itu pada September 2021.

Sementara itu, Zalmay Khalilzad, utusan khusus Washington untuk Afghanistan, memperingatkan dalam sidang Senat bahwa bantuan AS dapat dipangkas jika pemerintah yang didominasi Taliban tidak menghormati hak asasi manusia.

Melansir Al Jazeera, departemen Luar Negeri mengatakan dalam sebuah travel advisory bahwa mereka telah "memerintahkan keberangkatan pegawai pemerintah AS dari kedutaan AS Kabul yang fungsinya dapat dilakukan di tempat lain".

Ross Wilson, penjabat duta besar AS di Kabul, mengatakan Departemen Luar Negeri mengambil keputusan "sehubungan dengan meningkatnya kekerasan dan laporan ancaman di Kabul".

Baca juga: Konferensi Perdamaian Perang Afghanistan di Turki Ditunda, Taliban Enggan Datang

Baca juga: Trump Sebut Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan sebagai Hal Hebat untuk Dilakukan

Joe
Presiden AS Joe Biden berbicara tentang panduan CDC terbaru tentang masker untuk orang-orang yang telah divaksinasi penuh selama acara di depan Gedung Putih 27 April 2021, di Washington, DC.

Dia mengatakan perintah tersebut mempengaruhi "jumlah yang relatif kecil" karyawan dan bahwa kedutaan akan tetap beroperasi.

"Personel yang sangat dibutuhkan untuk menangani masalah terkait penarikan pasukan AS dan pekerjaan penting yang kami lakukan untuk mendukung rakyat Afghanistan akan dapat tetap di tempat," tulis Wilson di Twitter.

BERITA TERKAIT

Jenderal Kenneth McKenzie, kepala Komando Pusat AS, mengatakan pada hari Selasa bahwa pemerintah tetap berkomitmen untuk menjaga kedutaan yang berfungsi di Kabul.

"Ini adalah niat kami untuk mempertahankan kedutaan di Afghanistan ke depan. Tapi kami akan memiliki kehadiran militer yang sangat, sangat minimal di sana - yang sangat diperlukan untuk mempertahankan kedutaan," katanya dalam sambutannya kepada American Enterprise Institute.

Baca juga: Taliban Afghanistan Peringatkan Konsekuensi Pembatalan Penarikan Pasukan Asing

Baca juga: Isu Taliban Kembali Berdengung di KPK, Ini Reaksi Novel Baswedan

Ilustrasi Tentara AS - Rusia disebut menawarkan hadiah kepada pejuang Taliban untuk membunuh pasukan AS dan Inggris yang ada di Afghanistan
Ilustrasi Tentara AS - Rusia disebut menawarkan hadiah kepada pejuang Taliban untuk membunuh pasukan AS dan Inggris yang ada di Afghanistan (Pixabay)

Keinginan Taliban

Awal bulan ini Biden mengatakan dia akan menarik semua pasukan dari Afghanistan pada 11 September 2021.

Tanggal itu merupakan hari peringatan 20 tahun serangan yang menyebabkan AS menyerang dan menggulingkan rezim Taliban yang selama ini menyembunyikan pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden.

Biden menyimpulkan bahwa pasukan AS telah mencapai tujuan mereka dan dapat berbuat lebih banyak.

Tetapi para pejabat AS tidak merahasiakan ketakutan mereka bahwa kekerasan akan meningkat ketika Taliban merasa bahwa mereka mencapai kemenangan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas