Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

3 Bank Besar Jepang Tangguhkan Pembiayaan Terkait Pembangkit Listrik Batu Bara

Tiga bank besar Jepang menangguhkan pinjaman kepada proyek pembangkit listrik tenaga batu bara khususnya mulai Juni 2021.

3 Bank Besar Jepang Tangguhkan Pembiayaan Terkait Pembangkit Listrik Batu Bara
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Bank Mizuho di Shinjuku, Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Tiga bank besar Jepang menangguhkan pinjaman kepada proyek pembangkit listrik tenaga batu bara khususnya mulai Juni 2021.

Ketiga bank tersebut masing-masing Sumitomo Mitsui Financial Group, Mitsubishi UFJ Financial Group dan Mizuho Financial Group.

"Seiring dengan percepatan upaya menuju masyarakat bebas karbon secara global, kelompok keuangan domestik utama akan mengambil tindakan yang lebih mendalam, seperti memutuskan untuk menangguhkan pembiayaan untuk pembangkit listrik tenaga batu bara yang mengeluarkan karbon dioksida dalam jumlah besar mulai Juni 2021," ungkap sumber Tribunnews.com, Senin (17/5/2021).

Dari jumlah tersebut, Sumitomo Mitsui Financial Group telah memperketat kebijakan pinjaman untuk pembangkit listrik tenaga batu bara.

"Hingga saat ini, sebagai aturan umum, kami telah memutuskan untuk tidak meminjamkan peralatan baru, tetapi mulai bulan Juni kami tidak akan memberikan pinjaman meskipun kami memperluas peralatan yang ada," ungkapnya.

Selain itu, Mitsubishi UFJ Financial Group telah memutuskan untuk tidak memberikan pinjaman dengan beberapa pengecualian, dan Mizuho Financial Group telah memutuskan rencana pembangkit listrik tenaga batu bara dengan beberapa pengecualian.

Baca juga: Masih Ada WNI di Jepang yang Memesan Kartu Identitas Palsu

Namun, telah mengubah kebijakan untuk tidak menyediakan pinjaman.

Kelompok lingkungan dan lainnya di Jepang menyerukan pembiayaan yang lebih ketat untuk pembangkit listrik tenaga batu bara, yang mengeluarkan karbon dioksida dalam jumlah besar.

Untuk alasan ini, kelompok keuangan utama Jepang bertujuan untuk menunjukkan pendirian mereka terhadap terwujudnya masyarakat bebas karbon di dalam dan luar negeri dengan mengambil langkah-langkah yang lebih mendalam dari sebelumnya.

Sementara itu upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas