Tribun

Tiba di Bandara Narita, 50 Warga Jepang Jalani Tes Covid-19 di Stasiun Karantina

Penerbangan itu diatur oleh perusahaan swasta Jepang untuk membawa pulang karyawan mereka dari Indonesia karena negara ini tengah mengalami lonjakan

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Eko Sutriyanto
Tiba di Bandara Narita, 50 Warga Jepang Jalani Tes Covid-19 di Stasiun Karantina
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
ILusttrasi Bandara Narita - Sebuah pesawat yang membawa warga negara Jepang dari Indonesia telah mendarat di Bandara Narita, timur Tokyo, Jepang pada Rabu sore waktu setempat. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO  - Sebuah pesawat yang membawa warga negara Jepang dari Indonesia telah mendarat di Bandara Narita, timur Tokyo, Jepang pada Rabu sore waktu setempat.

Pemerintah Jepang menyewa pesawat All Nippon Airways (ANA) ini membawa sekitar 50 karyawan perusahaan yang sebelumnya ditugaskan di Indonesia bersama dengan anggota keluarga mereka.

Setelah tiba di Narita, para penumpang ini kemudian diarahkan menuju ke stasiun karantina untuk dilakukan pengujian virus corona (Covid-19).

Perlu diketahui, penerbangan itu diatur oleh perusahaan swasta Jepang untuk membawa pulang karyawan mereka dari Indonesia karena negara ini tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Gelombang kedua pandemi yang terjadi di Indonesia ini terutama disebabkan oleh penyebaran varian B.1.617.2 (Delta)  yang kali pertama terdeteksi di India.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Tak Terbendung, Warga Arab Saudi, Taiwan, dan Jepang Dievakuasi

Dikutip dari laman NHK World, Kamis (15/7/2021), Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang untuk Republik Indonesia mengatakan bahwa sembilan ekspatriat meninggal pada 26 Juni hingga 12 Juli setelah tertular virus tersebut.

Beberapa diantaranya berusia 30 hingga 40-an tahun.

Menanggapi situasi kritis tersebut, beberapa perusahaan Jepang akhirnya memutuskan mengevakuasi karyawan dan anggota keluarganya untuk keluar dari Indonesia.

Namun mayoritas maskapai Jepang menyampaikan bahwa reservasi untuk penerbangan dari Indonesia ke Jepang saat ini sulit dilakukan karena aturan pembatasan.

Kendati demikian beberapa maskapai di negara itu tengah mempertimbangkan mengadakan penerbangan untuk mengevakuasi warga Jepang dari Indonesia.

Seperi Japan Airlines yang berencana mengoperasikan penerbangan dari Indonesia untuk warga negara Jepang pada pekan depan.

Begitu pula ANA yang mengatakan akan mempertimbangkan menyediakan penerbangan tambahan.

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas