Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Regulator Uni Eropa Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 Moderna untuk Remaja Usia 12-17 Tahun

European Medicines Agency (EMA) atau Badan Obat Eropa telah mengizinkan penggunaan vaksin Covid-19 dari Moderna untuk anak usia 12 hingga 17 tahun

Regulator Uni Eropa Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 Moderna untuk Remaja Usia 12-17 Tahun
Joseph Prezioso / AFP
(FILES) Dalam file foto yang diambil pada 20 April 2021, perawat Frederick Morley memuat jarum suntik dengan vaksin Moderna Covid-19 di klinik vaksinasi keliling di Bridgeport, Connecticut. 

TRIBUNNEWS.COM - European Medicines Agency (EMA) atau Badan Obat Eropa telah mengizinkan penggunaan vaksin Covid-19 dari Moderna untuk anak usia 12 hingga 17 tahun, BBC melaporkan.

Moderna adalah vaksin Covid-19 kedua yang diterima regulator obat Uni Eropa, setelah Pfizer-BioNTech mendapatkan izin yang pertama pada Mei lalu.

Diperlukan dua dosis vaksin Moderna, dengan jarak empat minggu.

Komisi Eropa diharapkan untuk memperluas vaksinasi dengan Moderna kepada kaum muda sekarang, berdasarkan rekomendasi EMA.

Namun, langkah itu nampaknya menuai kritik, mengingat laju vaksinasi di negara-negara Asia dan Afrika lebih rendah daripada di Uni Eropa.

Di UE, lebih dari setengah orang dewasa sudah divaksinasi dengan penuh.

WHO juga mendesak negara-negara kaya untuk membagi-bagi vaksinnya secara lebih luas lagi.

Baca juga: Di Jepang, 3 dari 4 Orang yang Mendapat Suntikan Vaksin Moderna Dosis Dua Mengalami Demam

Baca juga: Indonesia Kedatangan Total 2,5 Juta Vaksin: 1 Juta Astrazeneca dan 1,5 Juta Moderna

(FILES) Dalam arsip foto yang diambil pada 29 Juni 2021, seorang petugas medis memegang botol vaksin Moderna Covid-19 di Quimper, Prancis barat. Pengawas obat-obatan Eropa pada 23 Juli 2021, telah menyetujui penggunaan vaksin anti-coronavirus Moderna untuk anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun, menjadikannya vaksin kedua bagi remaja untuk digunakan di benua itu.
(FILES) Dalam arsip foto yang diambil pada 29 Juni 2021, seorang petugas medis memegang botol vaksin Moderna Covid-19 di Quimper, Prancis barat. Pengawas obat-obatan Eropa pada 23 Juli 2021, telah menyetujui penggunaan vaksin anti-coronavirus Moderna untuk anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun, menjadikannya vaksin kedua bagi remaja untuk digunakan di benua itu. (Fred TANNEAU / AFP)

Namun, para pendukung berpendapat bahwa vaksinasi kepada anak-anak juga penting sekarang karena varian Delta yang sangat menular tersebar luas di Eropa dan kasus meningkat tajam di beberapa wilayah.

Anak-anak juga harus diikutsertakan jika tujuan herd immunity ingin dicapai - yaitu, ketika tingkat vaksinasi yang tinggi memperlambat penyebaran virus dalam populasi.

Sebagian besar anak biasanya tidak sakit parah akibat Covid, tetapi mereka tetap berisiko dan dapat menularkannya.

Halaman
1234
Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Miftah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas