Tribun

Penanganan Covid

Malaysia: 80 Persen yang Meninggal Saat Tiba di Rumah Sakit Tak Pernah Dites Covid-19

Malaysia menyatakan 80 persen pasien yang meninggal karena Covid-19 saat tiba di rumah sakit ternyata tidak pernah menjalani tes Covid-19

Editor: hasanah samhudi
Malaysia: 80 Persen yang Meninggal Saat Tiba di Rumah Sakit Tak Pernah Dites Covid-19
ARIF KARTONO / AFP
Dokter kontrak memegang plakat selama pemogokan di luar Rumah Sakit Sungai Buloh di negara bagian Selangor pada 26 Juli 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, PUTRAJAYA – Kementerian Kesehatan Malaysia menyebutkan 80 persen  kematian Covid-19 saat tiba di rumah sakit (BID) adalah mereka yang tidak pernah menjalani tes Covid-19.

Wakil Direktur Jenderal Kesehatan Dr Chong Chee Kheong mengatakan, para pasien BID itu tidak memiliki akses ke diagnosis atau tidak pernah maju untuk diuji.

"Kami menemukan sebagian besar dari mereka adalah non-Malaysia," katanya pada konferensi pers tentang situasi Covid-19 Malaysia, Jumat (6/8/2021), seperti dilansir dari New Straits Times.

Dr Chong, yang juga mengepalai Satuan Tugas Khusus Lembah Klang Besar, menambahkan bahwa negara itu mencatat antara 80 dan 100 kasus BID setiap minggu.

Ia juga mengatakan ada korban Covid-19 yang meninggal akibat virus tersebut karena entah terlambat datang berobat atau tidak berobat sama sekali.

Baca juga: Pidato PM Malaysia di Parlemen: Jangan Bertengkar dan Cari Kesalahan, Mari Bersatu Hadapi Covid-19

Baca juga: Lockdown di Kuala Lumpur, Jam Malam dan Hanya Satu Orang Per Keluarga Boleh Keluar Cari Kebutuhan

Tiga Hari Tertinggi

Malaysia melaporkan 20.889 kasus baru COVID-19 pada Jumat (6/8/2021), memecahkan rekor infeksi harian selama tiga hari berturut-turut.

Dilansir dari Channel News Asia, data yang dirilis kemenkes Malaysia menunjukkan jumlah total infeksi kumulatif negara itu sekarang mencapai 1.224.595.

Selangor mencatat jumlah kasus baru tertinggi di antara negara bagian dengan 8.792, sementara Kuala Lumpur menambahkan 2.483 infeksi.

Secara keseluruhan, Lembah Klang menyumbang lebih dari setengah beban kasus hari Jumat ini.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas