Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Situasi Kabul Tak Menentu, Maskapai Penerbangan Hindari Wilayah Udara Afghanistan

Otoritas Penerbangan Sipil Afghanistan menyarankan kepada maskapai penerbangan untuk mengubah rute, karena wilayah udara Kabul saat ini tak terkendali

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Situasi Kabul Tak Menentu, Maskapai Penerbangan Hindari Wilayah Udara Afghanistan
AFP/WAKIL KOHSAR
Orang-orang Afghanistan naik ke atas sebuah pesawat saat mereka menunggu di bandara Kabul di Kabul. Afghanistan. Senin (16/8/2021), setelah berakhirnya perang 20 tahun Afghanistan dengan cepat, ketika ribuan orang mengerumuni bandara kota itu mencoba melarikan diri dari kelompok garis keras yang ditakuti. (Wakil Kohsar / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM - Maskapai internasional, mengubah rute penerbangannya untuk menghindari wilayah udara Afghanistan setelah kelompok Taliban berhasil menguasai Istana Presiden di Kabul, Ibu Kota Afghanistan.

Mengutip dari laman situs The News pada Selasa (17/8/2021), maskapai British Airways, Lufthansa, Singapore Airlines, Air France dan Virgin Atlantic mengumumkan tidak lagi terbang di wilayah udara Afghanistan.

Baca juga: Dikritik Gara-gara Taliban Berkuasa, Joe Biden Justru Salahkan Presiden dan Militer Afghanistan

Hal ini menyusul adanya pemberitahuan dari Otoritas Penerbangan Sipil Afghanistan, bahwa wilayah udara Kabul telah dibebaskan untuk militer.

Otoritas Penerbangan Sipil Afghanistan pun menyarankan kepada maskapai penerbangan untuk mengubah rute, karena wilayah udara Kabul saat ini tidak terkendali.

Baca juga: Pengamat Sebut RI Punya Peluang untuk Kerja Sama dengan Afghanistan yang Dipimpin Taliban

British Airways mengatakan, saat ini pihaknya tidak lagi menggunakan wilayah udara Afghanistan pasca adanya pemberitahuan dari otoritas penerbangan di negara tersebut.

Selain itu, Air France juga mengubah rute penerbangan mereka menuju Bangkok, Kota Ho Chi Minh, Delhi dan Singapura agar tidak melewati kawasan udara Afghanistan.

BERITA TERKAIT

Hal tersebut juga dilakukan oleh Singapore Airlines, Virgin Atlantic dan Lufthansa yang tidak lagi terbang melewati wilayah udara Kabul.

Baca juga: Ratusan Wartawan Afghanistan Sedang Bersembunyi Butuh Perlindungan AS

Pasca Taliban berhasil menguasai Ibu Kota Afghanistan, ribuan warga memadati Bandara Internasional Hamid Karzai di Kota Kabul.

Mereka mencoba untuk melarikan diri dari negara tersebut, usai Taliban menduduki Kota Kabul. Amerika Serikat (AS) pun telah mengirim 6.000 tentara ke Bandara Internasional Hamid Karzai untuk memastikan evakuasi bagi staf kedutaan dan warga Afghanistan yang bekerja sebagai penerjemah.

Pemerintah Prancis, Jerman dan Australia, juga menyelenggarakan penerbangan charter untuk memulangkan warga negaranya dari Afghanistan.

Prancis juga sudah memulai penerabngan evakuasi dengan dua pesawat militer pada Senin (16/8/2021). Sedangkan Lufthansa mengatakan sedang berdiskusi dengan pemerintah Jerman tentang upaya memulangkan warga negaranya dari Afghanistan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas