Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

China Usulkan Pandangan Sendiri Soal Asal-usul Covid-19, ''Bisa Saja Diimpor ke Wuhan. . . ''

China meminta penyelidik WHO harus memfokuskan upaya mereka untuk mempelajari produk rantai dingin dan logistik yang diimpor China.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
zoom-in China Usulkan Pandangan Sendiri Soal Asal-usul Covid-19, ''Bisa Saja Diimpor ke Wuhan. . . ''
AFP
Pekerja sebuah laboratorium mengenakan APD menangani pengujian Covid-19 di fasilitas pengujian di Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada 4 Agustus 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China telah meluncurkan pandangannya sendiri mengenai bagaimana Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) harus menangani tahap kedua penyelidikan tentang asal-usul virus corona (Covid-19).

Menurut CDC China, penyelidik WHO harus memfokuskan upaya mereka untuk mempelajari produk rantai dingin dan logistik yang diimpor China, sebelum deteksi kasus Covid-19 pertama di Wuhan, khususnya antara periode September hingga Desember 2019.

Dikutip dari laman Sputnik News, Selasa (31/8/2021), Ahli Epidemiologi CDC China mengatakan, sampel Covid-19 dapat ditemukan pada beberapa produk rantai dingin yang dikirim ke kota-kota China lainnya, yakni Beijing dan Dalian.

Hal itu terjadi tepat sebelum dua kota tersebut mengalami wabah penyakit terbatas pada musim panas 2020.

Baca juga: China Dituding Menahan Informasi Penting soal Asal-usul Virus Covid-19

Insiden ini terjadi setelah China berhasil secara cepat mengakhiri wabah asli di Wuhan pada April 2020.

Karena itu, ahli epidemiologi China menilai bahwa Covid-19 kemungkinan telah diimpor Wuhan, baik dari wilayah lainnya di China maupun dari pemasok asing produk rantai dingin.

Baca juga: Studi di China: Penyintas Covid-19 Alami Gejala Setahun Setelah Terjangkit, Kelelahan dan Lemah Otot

BERITA TERKAIT

Anggota CDC negara tersebut telah mengusulkan agar WHO mengeksplorasi hipotesis ini dan melacak rantai pasokan untuk jenis produk ini.

Baca juga: Balas Amerika Serikat, China Desak WHO Selidiki Laboratorium AS Sebagai Asal-Usul Covid-19

Para ilmuwan menekankan dalam publikasi mereka bahwa ada banyak bukti bahwa Covid-19 bisa saja muncul di belahan bumi lainnya di dunia, khususnya Amerika Serikat (AS), Italia, Spanyol dan Prancis pada saat menjelang deteksi kasus pertama di China dan pada awal Maret 2019.

"Kami melakukan penyelidikan epidemiologi, pengujian asam nukleat, deteksi antibodi, retrospeksi makanan rantai dingin dan analisis komparatif sekuensing gen virus pasien Covid-19, paket makanan serta mengkonfirmasi bahwa virus itu diimpor dari negara atau wilayah lain melalui rantai dingin," kata seorang pejabat CDC China, Ma Huilai.

Warga Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, membeli bahan kebutuhan di supermarket Selasa (3/8/2021), ketika pihak berwenang akan melakukan uji Covid-19 terhadap seluruh warga kota itu.
Warga Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, membeli bahan kebutuhan di supermarket Selasa (3/8/2021), ketika pihak berwenang akan melakukan uji Covid-19 terhadap seluruh warga kota itu. (AFP)

Para peneliti dari CDC China lebih lanjut mencatat bahwa lebih dari setengah toko di pasar makanan laut Huanan, yang diduga sumber infeksi asli, telah mengimpor 29 jenis produk rantai dingin dari 20 negara dan wilayah lainnya di China.

Publikasi oleh Ahli Epidemiologi China ini muncul saat WHO berencana melakukan penyelidikan tahap kedua tentang asal-usul virus yang telah merenggut nyawa lebih dari 4.493.000 orang di seluruh dunia dan menyebabkan gangguan ekonomi secara global.

Perlu diketahui, penyelidikan sebelumnya tidak menghasilkan jawaban tentang kapan dan bagaimana virus itu bisa melompat dari hewan ke manusia.

Sementara itu, WHO mengumumkan pada Juli lalu bahwa penyelidikan lanjutan akan dilakukan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas