Tribun

Belanja di Jepang Semakin Nyaman, Ada Tempat Titip Kopor Gratis di Berbagai Tempat Umum

Belanja di Jepang kini semakin nyaman. Ada tempat-tempat khusus yang gratis dan ada kuncinya untuk menitipkan kopor kita di sana.

Editor: Johnson Simanjuntak
Belanja di Jepang Semakin Nyaman, Ada Tempat Titip Kopor Gratis di Berbagai Tempat Umum
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Alat kunci koper. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Belanja di Jepang kini semakin nyaman. Ada tempat-tempat khusus yang gratis dan ada kuncinya untuk menitipkan kopor kita di sana.

Alat ini sudah dipakai di beberapa hotel di Jepang sejak 2019. Namun kini semakin populer karena ditaruh di beberapa lokasi tempat perbelanjaan umum di Jepang.

Kopor kita tak usah dibawa-bawa, titip di tempat tertentu, dikunci dengan alat ini, gratis, kita bisa belanja nyaman.

Alat yang dijuluki Baggageport tersebut buatan Shibutani Co.Ltd yang dipakai mulai 2019 di Jepang oleh beberapa hotel. Sekaligus dapat  mengurangi staf untuk melayani bagian penitipan barang di hotel.

Alat dipasang di tembok, di satu lokasi penitipan kopor di fasilitas umum seperti hotel, pusat perbelanjaan dan sebagainya.

Lalu kopor kita ikat dengan kabel yang tersedia, plug kabel kita copot, masukkan ke genggaman kopor, lalu masukkan plug kembali ke alat tersebut.

Kemudian tombol pengunci kita tekan, lampu menyala, kartu IC kita seperti suica, pasmo atau pakai Pay Pay juga bisa, ditempelkan ke bagian kartu. Setelah berbunyi "pit" plug tersebut mengunci sendiri dan lampu merah menyala.

Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi.
Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Saat kunci mau dilepaskan, kopor mau diambil kembali, tinggal pencet kembali tombol kunci di alat tersebut.

Kemudian  kartu IC kita itu ditempel kembali ke bagian sensor kartu, lalu lampu akan menjadi biru. Kunci plug kita copot, lepaskan kabel dari kopor kita, masukkan lagi plug kunci ke tempatnya kembali dan pergilah kita dengan kopor yang telah dilepaskan itu.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas