Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Macron: Prancis dan Eropa Akan Buka Misi di Afghanistan, Tapi Bukan Pengakuan Diplomatik

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan sejumlah negara Eropa membuka misi diplomatik bersama di Afghanistan, namun bukan pengakuan politik

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Macron: Prancis dan Eropa Akan Buka Misi di Afghanistan, Tapi Bukan Pengakuan Diplomatik
AFP
Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara kepada wartawan di Royal Lounge Bandara Doha, pada Sabtu (4/12/2021), saat ia meninggalkan ibu kota Qatar sebagai bagian dari tur tiga negara Teluk. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan beberapa negara Eropa sedang mempertimbangkan untuk membuka misi diplomatik bersama di Afghanistan.

Namun Macron menekankan hal itu bukan berarti pengakuan terhadap penguasa Taliban di negara itu.

Sejumlah negara Barat berusaha untuk terlibat dengan Taliban, yang mengambil alih Afghanistan dalam serangan kilat pada Agustus ketika pasukan pimpinan AS menyelesaikan penarikan mereka setelah 20 tahun perang.




“Kami sedang memikirkan sebuah organisasi antara beberapa negara Eropa, lokasi bersama untuk beberapa orang Eropa, yang memungkinkan duta besar kami hadir,” kata Macron kepada wartawan di Doha sebelum menuju ke tujuan berikutnya, Arab Saudi, Sabtu (4/12/2021)

“Ini adalah langkah yang berbeda dari pengakuan politik atau dialog politik dengan Taliban, kami akan memiliki perwakilan segera setelah kami dapat membukanya,” katanya.

Baca juga: Taliban Minta AS Cairkan Jutaan Dolar Aset Yang Dibekukan

Baca juga: PBB Kemungkinan Tak Izinkan Taliban Afghanistan dan Junta Myanmar Wakili Negara Mereka

Presiden Prancis menegaskan bahwa inisiatif ini tidak akan menandakan pengakuan politik atau dialog politik dengan Taliban.

Dalam sebuah pernyataan setelah pembicaraan dengan Taliban seminggu yang lalu, Uni Eropa menyarankan untuk segera membuka misi.

BERITA TERKAIT

“Delegasi UE menggarisbawahi bahwa kemungkinan membangun kehadiran minimal di Kabul, yang tidak memerlukan pengakuan, akan secara langsung bergantung pada situasi keamanan, serta pada keputusan efektif oleh otoritas de facto untuk memungkinkan UE memastikan perlindungan yang memadai bagi staf dan bangunannya,” katanya.

Rob McBride dari Al Jazeera melaporkan dari Kabul bahwa Taliban kemungkinan akan menerima setiap langkah diplomatic yang akan membantu mereka, di tengah situasi memburuk di Afghanistan saat ini.

“Ini tidak diakui, orang-orang di Afghanistan memahami itu. Tetapi yang menarik adalah bahwa sebagai anggota Uni Eropa, Prancis tampaknya tidak hanya bertindak sendiri dalam mendirikan kantor … tetapi dapat membantu membawa orang Eropa lainnya ke sana,” tambahnya.

Baca juga: Krisis Pangan Afghanistan, Taliban Sebut Warisan dari Pemerintahan Sebelumnya

Baca juga: Taliban Keluarkan Dekrit Larang Nikah Paksa di Afghanistan: Perempuan Tak Boleh Dianggap Properti

Sementara itu, Macron juga memuji peran Qatar dalam membantu upaya evakuasi warga Eropa keluar dari Afghanistan menyusul kembalinya Taliban ke tampuk kekuasaan setelah pemerintah yang didukung Barat runtuh.

Penguasa baru Afghanistan telah mengimbau masyarakat internasional untuk memberikan pengakuan diplomatik dan mencabut sanksi, karena Taliban telah berjuang untuk menghidupkan kembali ekonomi negara yang terputus dari lembaga keuangan internasional.

Infrastruktur negara itu sudah compang-camping karena perang selama beberapa dekade dan pendudukan militer pimpinan AS.

AS telah membekukan hampir 10 miliar dolar AS dalam cadangan bank sentral Afghanistan dan lembaga keuangan internasional telah menangguhkan pendanaan pembangunan untuk negara itu.

Hal ini membuat perekonomian Afghanistan sangat bergantung pada bantuan ke dalam krisis dan membuat para ekonom dan kelompok bantuan memperingatkan bencana kemanusiaan.

Baca juga: PBB Tunda Permintaan Ganti Utusan Junta Myanmar dan Taliban

Baca juga: Pejabat Mark-up Jumlah Tentara Afghanistan Hingga Enam Kali Lipat, Cepat Kalah dari Taliban

Dengan memasuki musim dingin, organisasi bantuan telah memperingatkan krisis kemanusiaan.

Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) menggambarkan minggu ini sebagai prospek sosial ekonomi yang mengkhawatirkan untuk Afghanistan selama 13 bulan ke depan.

Di Afghanistan, lebih dari 24 juta orang membutuhkan bantuan penyelamatan jiwa, peningkatan dramatis yang didorong oleh gejolak politik, guncangan ekonomi, dan kerawanan pangan yang parah.

UNDP telah memproyeksikan bahwa kemiskinan akan menjadi hampir universal pada pertengahan 2022. (Tribunnews.com/Aljazeera/Hasanah Samhudi)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas