Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Orang Tak Dikenal Lintasi Zona Demiliterisasi Korsel-Korut, Awalnya Panjat Pagar Berduri

iliter Korea Selatan pada Minggu (2/1/2022) mengatakan seorang tak dikenal telah melintasi perbatasan yang dijaga ketat Korea Selatan-Kora Utara.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Miftah
zoom-in Orang Tak Dikenal Lintasi Zona Demiliterisasi Korsel-Korut, Awalnya Panjat Pagar Berduri
SeongJoon Cho/Bloomberg
Tentara Korea Utara, latar belakang, dan seorang prajurit Korea Selatan berjaga di desa gencatan senjata Panmunjom di Zona Demiliterisasi (DMZ) di Paju, Korea Selatan. 

TRIBUNNEWS.COM - Militer Korea Selatan pada Minggu (2/1/2022) mengatakan seorang tak dikenal telah melintasi perbatasan yang dijaga ketat Korea Selatan-Korea Utara.

"Orang itu terlihat di depan bagian timur Zona Demiliterisasi (DMZ) sekitar pukul 21.20 waktu setempat pada Sabtu (1/1/2022)," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS).

Melansir CNN, JCS membeberkan pasukan telah dikirim ke wilayah tersebut.

Tetapi, mereka tidak dapat menemukan orang yang dimaksud.

Baca juga: Ketegangan Memuncak, Korea Utara Ancam Kerahkan Militer ke Zona Demiliterisasi

Baca juga: Memanas, Militer Korea Utara Bersiap Ubah Zona Demiliterisasi Jadi Benteng Pertahanan Hadapi Korsel

Warga melintasi pagar pembatas militer yang ditutupi pita yang bertuliskan pesan damai dan penyatuan kembali di taman perdamaian Imjingak dekat Zona Demiliterisasi pemisah Korea Utara dan Selatan, di Paju, Korsel, Jumat (1/1/2021). AFP/Jung Yeon-je
Warga melintasi pagar pembatas militer yang ditutupi pita yang bertuliskan pesan damai dan penyatuan kembali di taman perdamaian Imjingak dekat Zona Demiliterisasi pemisah Korea Utara dan Selatan, di Paju, Korsel, Jumat (1/1/2021). AFP/Jung Yeon-je (AFP/JUNG YEON-JE)

Pembelot itu melintasi Garis Demarkasi Militer ke Korea Utara sekitar pukul 22.40 waktu setempat.

Seorang pejabat militer mengatakan kamera keamanan sebelumnya telah menangkap orang yang memanjat pagar kawat berduri sekitar pukul 18:40, Sabtu (1/1/2022), tetapi penjaga yang bertugas CCTV melewatkannya.

Pejabat itu mengatakan mereka sedang bekerja untuk mengidentifikasi orang tersebut dan tidak diketahui apakah orang itu masih hidup.

BERITA TERKAIT

"Kami mengirim pemberitahuan ke Korea Utara untuk melindungi rakyat kami kemarin dan belum ada tanggapan dari Korea Utara," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Boo Seung-chan, Senin (3/1/2022).

Baca juga: Sesosok Pria Membelot dari Korea Selatan ke Korea Utara, Diduga Dulunya Pesenam Asal Korut

Baca juga: Peristiwa Langka, Warga Korea Selatan Membelot ke Korea Utara

Tentara Korea Utara, latar belakang, dan seorang prajurit Korea Selatan berjaga di desa gencatan senjata Panmunjom di Zona Demiliterisasi (DMZ) di Paju, Korea Selatan.
Tentara Korea Utara, latar belakang, dan seorang prajurit Korea Selatan berjaga di desa gencatan senjata Panmunjom di Zona Demiliterisasi (DMZ) di Paju, Korea Selatan. (SeongJoon Cho/Bloomberg)

"Tidak ada gerakan yang tidak biasa dari militer Korea Utara sehubungan dengan insiden hari Minggu," tambahnya.

Media pemerintah Korea Utara tidak melaporkan penyeberangan di atas DMZ semalam.

Baca juga: Kim Jong Un Sambut Tahun Baru, Bicara Krisis Pangan dan Kondisi Ekonomi

Kim Jong Un Bahas Krisis Makanan di Negaranya

Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un mengakhiri tahun 2021 dengan berpidato soal pembangunan ekonomi hingga seragam sekolah, alih-alih membahas nuklir atau Amerika Serikat.

Demikian dilaporkan Reuters, menurut ringkasan media pemerintah Korea Utara pada Sabtu (1/1/2022).

Di tahun 2022, kata Kim Jong Un, Korea Utara akan mulai membangun ekonomi dan meningkatkan kehidupan masyarakat yang akan menghadapi "perjuangan hidup dan mati yang hebat".

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas