Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tertangkap Citra Satelit, Rusia Kirim Konvoi Truk Militer 40 Mil Panjangnya Masuki Ibu Kota Kyiv

Saking panjangnya, konvoi truk militer Rusia ini mencapai 40 mil panjangnya dan melaju beriringan meliuk-liuk di sepanjang jalan raya barat laut Kyiv.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Tertangkap Citra Satelit, Rusia Kirim Konvoi Truk Militer 40 Mil Panjangnya Masuki Ibu Kota Kyiv
Maxar Technologies
Maxar Technologies merilis gambar citra satelit mengejutkan, yang menggambarkan iring-iringan truk militer Rusia memasuki ibu kota Kyiv pada Senin (28/2/2022) malam. Saking panjangnya, konvoi truk militer Rusia ini mencapai 40 mil panjangnya! Truk-truk ini melaju beriringan meliuk-liuk di sepanjang jalan raya barat laut Kyiv. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan teknologi Maxar Technologies merilis gambar citra satelit mengejutkan, yang menggambarkan iring-iringan truk militer Rusia memasuki ibu kota Kyiv pada Senin (28/2/2022) malam.

Saking panjangnya, konvoi truk militer Rusia ini mencapai 40 mil panjangnya! Truk-truk ini melaju beriringan meliuk-liuk di sepanjang jalan raya barat laut Kyiv.

Menurut CNN, sangat mudah untuk melacak dari mana ratusan tank, artileri derek, kendaraan lapis baja, dan kendaraan logistik itu berasal. Ikuti saja jalan-jalannya.

Di Ukraina, barat laut Kyiv, semua akses jalan menuju ke Belarus. Jalan raya dan jembatan di Chernobyl - kota, bukan reaktor nuklir yang gagal - berakhir di Belarus.

Setiap jalan utama lainnya di barat laut ibukota Ukraina, Kyiv, berakhir di Belarus, yang berbatasan dengan Ukraina utara.

Selama berminggu-minggu sebelum resmi melakukan invasi ke Ukraina, Rusia sudah memobilisasi  pasukannya di Belarus.

Baca juga: Waduh, Uni Eropa Masukkan 26 Orang Rusia ke Daftar Hitam, Termasuk Jubir Kremlin dan Bos-bos Media

Ratusan kendaraan militer Rusia, pesawat dan helikopter dipindahkan ke bekas negara Soviet untuk berpartisipasi dalam apa yang digambarkan kedua sekutu sebagai latihan bersama.

BERITA TERKAIT

Namun setelah manuver berakhir, pasukan Rusia tidak pulang.

Faktanya, citra satelit tambahan dari Maxar menunjukkan bahwa Rusia terus meningkatkan jumlah kendaraan militer, kekuatan udara, dan persenjataan di Belarus.

Baca juga: Rusia Desak Google Buka Channel Medianya di YouTube yang Diblokir

Dari kota Brest di timur negara itu, hingga Gomel di barat, pasukan Rusia terus bermunculan di pangkalan udara, di kota-kota dan bahkan di ladang melalui citra satelit dan media sosial.

Jembatan ponton: Gambar satelit bahkan menunjukkan bahwa Rusia membangun jembatan ponton melintasi Sungai Pripyat di zona eksklusi Chernobyl yang lebih besar, yang membentang di Ukraina dan Belarus.

Baca juga: Rusia Siapkan Pengepungan Ibu Kota Kyiv: Sirine Meraung-raung, Jalanan di Pusat Kota Mulai Kosong

Pada hari invasi ke Ukraina dimulai, gambar satelit tambahan dari Capella Space menunjukkan Rusia mulai memindahkan lusinan kendaraan militer melintasi jembatan itu.

Baca juga: FIFA Larang Nyanyikan Lagu Kebangsaan Rusia dan Kibarkan Bendera di Pertandingan Internasional

Untuk diketahui, panjangnya konvoi armada militer Rusia yang sangat besar ini  menunjukkan jumlah kekuatan militer yang telah dikumpulkan Rusia menunjukkan upaya serius Rusia merebut Kyiv.

Kekuatan militer yang begitu besar ini tidak mungkin bisa dimobilisasi Rusia tanpa izin dan bantuan dari Belarus, negara tetangganya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas