Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fasilitasi Mobilisasi Pasukan Rusia Serbu Ukraina¸ Inggris Jatuhkan Sanksi Keras ke Belarus

Sanksi Inggris menargetkan panglima militer Belarusia sebagai bagian dari gelombang pertama sanksi negara itu terhadap Belarus

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Fasilitasi Mobilisasi Pasukan Rusia Serbu Ukraina¸ Inggris Jatuhkan Sanksi Keras ke Belarus
SATELLITE IMAGE ©2022 MAXAR TECHNOLOGIES / AFP
Citra satelit Maxar yang dirilis pada 28 Februari 2022 memperlihatkan pengerahan pasukan darat dan konvoi di Khilchikha, Belarusia, sebelah utara perbatasan dengan Ukraina. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Inggris menjatuhkan sanksi ke Belarus atas perannya memfasilitas militer Rusia saat memobilisasi pasukannnya menginvasi Ukraina.

Sanksi Inggris menargetkan panglima militer Belarusia sebagai bagian dari gelombang pertama sanksi negara itu terhadap Belarus karena perannya dalam invasi Rusia ke Ukraina.

Empat pejabat pertahanan dan dua perusahaan militer termasuk dalam sanksi tersebut.

Dilansir dari situs BBC, Rabu (2/3/2022) Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss mengatakan pemimpin Belarus Alexander Lukashenko telah membantu dan mendukung invasi Rusia.

“Lukashenko telah menjadi tuan rumah bagi pasukan Rusia dan mengizinkan mereka menggunakan Belarusia sebagai tempat pementasan” kata Liz Truss.

Baca juga: Tentara Belarusia Seberangi Perbatasan, Disebut Bantu Rusia Invasi Ukraina

Sebagai sekutu yang dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, pemerintahan Lukashenko menjadi semakin bergantung pada Rusia untuk dukungan ekonomi, politik dan militer dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Cegah Invasi Rusia Lewat Jalur Laut, Turki Tutup Selat Bhosporus dan Dardanelles

BERITA TERKAIT

Pada bulan Januari tahun ini, Belarusia menjadi tuan rumah latihan militer besar bersama dengan Rusia ketika para pemimpin barat mengeluarkan peringatan yang semakin serius tentang kemungkinan serangan ke Ukraina.

Baca juga: AS Usir Diplomat Rusia dari Misi PBB di New York

Tetapi pada hari Senin, Lukashenko mengatakan Belarus tidak memiliki rencana untuk bergabung dengan operasi militer Rusia di Ukraina, menurut kantor berita negara Belta.

Kemudian, Lukashenko membantah tuduhan Ukraina bahwa pasukan Rusia menyerang dari wilayah Belarus, kata laporan Belta.

Pemerintah Inggris pada Selasa mengumumkan sanksi dan menuduh Belarus "memfasilitasi invasi dari dalam perbatasannya".

Berikut ini daftar sanksi yang dibuat Inggris untuk Belarus:

  • Wakil menteri pertahanan Belarus, Mayor Jenderal Victor Gulevich, yang "bertanggung jawab untuk mengarahkan tindakan angkatan bersenjata Belarusia"
  • Mayor Jenderal Andrei Burdyko, seorang kepala logistik Mayor Jenderal Sergei Simonenko, seorang kepala senjata dan Mayor Jenderal Andrey Zhuk, wakil menteri pertahanan Belarusia
  • JSC Integral, produsen semi-konduktor militer, dan Pabrik Perbaikan Pesawat JSC 558, yang menyediakan perawatan dan servis untuk pesawat militer di pangkalan udara tempat pesawat Rusia beroperasi.

Sanksi Belarus hari Selasa datang ketika anggota parlemen Inggris menyetujui langkah-langkah baru terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas