Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fakta Lviv, Kota Strategis yang Dibombadir 6 Rudal Rusia, Dekat Polandia hingga Warisan Dunia

Rusia meluncurkan rudal di dekat bandara di Kota Lviv, Ukraina, pada Jumat (18/3/2022).

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Fakta Lviv, Kota Strategis yang Dibombadir 6 Rudal Rusia, Dekat Polandia hingga Warisan Dunia
Dyachyshyn / AFP
Asap mengepul setelah ledakan di kota Lviv, Ukraina barat pada 18 Maret 2022. Pasukan Rusia pada 18 Maret menghancurkan sebuah pabrik perbaikan pesawat di kota Lviv, Ukraina barat, tetapi tidak ada yang terluka, kata walikota. Lviv adalah kota terbesar di Ukraina barat dan tujuan wisata populer yang terkenal dengan pemandangannya yang indah. Akhir pekan lalu, rudal jelajah Rusia menghancurkan pangkalan militer di barat Lviv, menewaskan 35 orang dan melukai lebih dari 130 orang. Terletak 70 kilometer (45 mil) dari perbatasan dengan anggota UE Polandia, kota itu sebagian besar telah terhindar sejak pasukan Rusia menyerbu pada 24 Februari 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Rusia meluncurkan rudal di dekat bandara di Kota Lviv, Ukraina, pada Jumat (18/3/2022).

Kota yang berbatasan dengan Polandia ini, sebelumnya tidak banyak mengalami penyerangan dan pemboman seperti kota-kota lainnya.

Wali kota Lviv, Andriy Sadovyi, mengatakan beberapa rudal menghantam pabrik perbaikan pesawat.




Beruntung pekerjaan di lokasi itu telah berhenti sebelum adanya serangan dan tidak ada korban jiwa.

Angkatan bersenjata Ukraina melaporkan, berdasarkan informasi awal, Rusia meluncurkan enam rudal ke arah Lviv pada Jumat pagi.

Baca juga: Serangan Rudal Rusia Kian Dekati Wilayah NATO, Terjadi Ledakan di Dekat Bandara Lviv Ukraina

Baca juga: Rudal Hantam Pabrik Perbaikan Pesawat  di Lviv, Berjarak 70 KM dari Polandia

Asap terlihat membubung dari arah bandara Lviv, Ukraina,  Jumat (18/3/2022). Lviv terletak sekitar 70 kilometer dari perbatasan Polandia.
Asap terlihat membubung dari arah bandara Lviv, Ukraina,  Jumat (18/3/2022). Lviv terletak sekitar 70 kilometer dari perbatasan Polandia. (CNN)

Rudal itu kemungkinan besar adalah jenis rudal jelajah yang diluncurkan dari udara atau ditembakkan dari pesawat tempur di atas Laut Hitam.

Dua dari enam rudal berhasil dicegat, menurut pernyataan militer Ukraina.

BERITA TERKAIT

Namun, serangan di wilayah dekat perbatasan Polandia, negara anggota NATO ini, meningkatkan kekhawatiran bahwa perang akan meluas ke wilayah Barat.

Berikut sejumlah fakta tentang Kota Lviv, dilansir CNN

1. Dekat Wilayah NATO

Seorang tentara Prancis beristirahat di Pangkalan Udara Mihail Kogalniceanu dekat Constanta, Rumania, pada 3 Maret 2022. Militer Prancis mendarat pada 3 Maret 2022 di pangkalan militer Mihail Kogalniceanu dekat Constanta, di tepi Laut Hitam untuk menyesuaikan diri dengan sistem sekitar 500 tentara yang dikerahkan Prancis dalam kerangka NATO setelah invasi skala penuh Rusia di Ukraina seminggu yang lalu.
Seorang tentara Prancis beristirahat di Pangkalan Udara Mihail Kogalniceanu dekat Constanta, Rumania, pada 3 Maret 2022. Militer Prancis mendarat pada 3 Maret 2022 di pangkalan militer Mihail Kogalniceanu dekat Constanta, di tepi Laut Hitam untuk menyesuaikan diri dengan sistem sekitar 500 tentara yang dikerahkan Prancis dalam kerangka NATO setelah invasi skala penuh Rusia di Ukraina seminggu yang lalu. (Daniel MIHAILESCU / AFP)

Hanya berjarak 70 km dari perbatasan Polandia, Lviv tepat berada di depan pintu NATO.

Oleh karena itu, jika Rusia melancarkan serangan di wilayah ini bisa memicu tanggapan internasional.

Adapun serangan pada Jumat lalu, terjadi setelah Rusia meluncurkan sejumlah rudal di pangkalan militer Yavoriv pada Minggu sebelumnya dan menewaskan 35 orang.

Diketahui, Yavoriv berada di antara Lviv dan perbatasan Polandia.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas