Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rudal Rusia Hantam Lviv, Seberapa Penting Kota Ini bagi Ukraina di Tengah Invasi?

Rusia melancarkan serangan rudal di Lviv. Kota ini memiliki peranan penting bagi Ukraina di tengah invasi.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Nuryanti
zoom-in Rudal Rusia Hantam Lviv, Seberapa Penting Kota Ini bagi Ukraina di Tengah Invasi?
Dyachyshyn / AFP
Asap mengepul setelah ledakan di kota Lviv, Ukraina barat pada 18 Maret 2022. Pasukan Rusia pada 18 Maret menghancurkan sebuah pabrik perbaikan pesawat di kota Lviv, Ukraina barat, tetapi tidak ada yang terluka, kata walikota. 

TRIBUNNEWS.COM - Rusia meluncurkan serangan rudal di dekat bandara di Lviv, Ukraina pada Jumat (18/3/2022).

Lviv merupakan kota strategis Ukraina tak jauh dari perbatasan Polandia, yang hingga saat ini, sebagian besar wilayahnya terhindar dari pemboman tanpa henti.

Wali Kota Lviv, Andriy Sadovyi, mengatakan beberapa rudal Rusia menghantam pabrik perbaikan pesawat.




Namun, pekerjaan di tempat itu telah berhenti sebelum serangan dan tak ada laporan mengenai korban, sebagaimana diberitakan CNN.

Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan, informasi awal menunjukkan Rusia meluncurkan enam rudal ke arah Lviv pada Jumat pagi.

Asap membubung tinggi setelah terjadi ledakan di dekat bandara Lviv karena serangan rudal Rusia, Jumat (18/3/2022) pagi waktu setempat.
Asap membubung tinggi setelah terjadi ledakan di dekat bandara Lviv karena serangan rudal Rusia, Jumat (18/3/2022) pagi waktu setempat. (Sumber: Ismail Co kun/IHA via AP)

Baca juga: Inggris: Pasukan Rusia Mulai Kekurangan Makanan dan Kehabisan Bahan Bakar

Baca juga: Profil Singkat 4 Jenderal Rusia yang Tewas dalam Invasi ke Ukraina, Hanya 1 yang Dikonfirmasi Putin

Rudal itu kemungkinan besar adalah rudal jelajah yang diluncurkan dari udara dan ditembakkan dari pesawat tempur di atas Laut Hitam.

Dua dari enam rudal berhasil dicegat oleh sistem pertahanan udara, kata pernyataan Angkatan Bersenjata di Facebook.

BERITA TERKAIT

Serangan itu menambah kekhawatiran perang Rusia bisa saja menyebar lebih jauh ke Barat.

Berikut yang perlu diketahui tentang pentingnya Lviv:

Dekat dengan NATO

Sekitar 43 mil (70 kilometer) dari perbatasan Polandia, Lviv berada di depan pintu NATO - jadi jika serangan dilancarkan di kota ini, bisa berdampak pada internasional.

Serangan pada Jumat, terjadi setelah Rusia meluncurkan rentetan rudal di pangkalan militer Yavotiv, Minggu (13/3/2022), yang terletak antara Lviv dan perbatasan Polandia.

Dalam serangan itu, sedikitnya 35 tentara Ukraina tewas.

Tempat Aman bagi Pengungsi

Pengungsi dari Ukraina berbaris untuk masuk ke Polandia melalui penyeberangan perbatasan di Medyka, di Polandia timur pada 28 Februari 2022. - Secara keseluruhan, lebih dari setengah juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak penguasa era Soviet Moskow melancarkan invasi skala penuh pada 24 Februari, dengan lebih dari setengahnya melarikan diri ke negara tetangga Uni Eropa dan anggota NATO Polandia, PBB mengatakan pada 28 Februari 2022.
 (Photo by Wojtek RADWANSKI / AFP)
Pengungsi dari Ukraina berbaris untuk masuk ke Polandia melalui penyeberangan perbatasan di Medyka, di Polandia timur pada 28 Februari 2022. - Secara keseluruhan, lebih dari setengah juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak penguasa era Soviet Moskow melancarkan invasi skala penuh pada 24 Februari, dengan lebih dari setengahnya melarikan diri ke negara tetangga Uni Eropa dan anggota NATO Polandia, PBB mengatakan pada 28 Februari 2022. (Photo by Wojtek RADWANSKI / AFP) (AFP/WOJTEK RADWANSKI)
Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas