Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pembantaian di Bucha Akan Dibawa ke PBB, Kremlin Menyangkal Sebut Sebagai Tuduhan Palsu

Penemuan mayat baru-baru ini berserakan di jalan-jalan kota Bucha di Ukraina setelah penarikan pasukan Rusia telah memicu kemarahan global.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pembantaian di Bucha Akan Dibawa ke PBB, Kremlin Menyangkal Sebut Sebagai Tuduhan Palsu
AFP/RONALDO SCHEMIDT
Mayat tergeletak di jalan di Bucha, barat laut Kyiv, saat Ukraina mengatakan pasukan Rusia membuat "mundur cepat" dari daerah utara sekitar Kyiv dan kota Chernigiv, pada 2 April 2022. - Mayat sedikitnya 20 pria berpakaian sipil ditemukan tergeletak di satu jalan Sabtu setelah pasukan Ukraina merebut kembali kota Bucha dekat Kyiv dari pasukan Rusia, kata wartawan AFP. Pasukan Rusia menarik diri dari beberapa kota dekat Kyiv dalam beberapa hari terakhir setelah upaya Moskow untuk mengepung ibukota gagal, dengan Ukraina menyatakan bahwa Bucha telah "dibebaskan". (Photo by RONALDO SCHEMIDT / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM -- Penemuan mayat baru-baru ini berserakan di jalan-jalan kota Bucha di Ukraina setelah penarikan pasukan Rusia telah memicu kemarahan global.

Sebagai tanggapan, Presiden AS Joe Biden pada hari Senin menyerukan pengadilan kejahatan perang dan lebih banyak sanksi terhadap Rusia.

Uni Eropa mengatakan siap mengirim tim penyelidik untuk mengumpulkan bukti kemungkinan kejahatan perang setelah kuburan massal ditemukan di dekat ibu kota Ukraina.

Kremlin menyangkal pasukan Rusia membunuh warga sipil, mengklaim bahwa gambar mayat di Bucha adalah "palsu" yang diproduksi oleh "radikal Ukraina."

Baca juga: Kremlin Sebut Kebijakan Inggris Sebabkan Shell Tak Mampu Beli Gas Dari Rusia

Sepuluh warga sipil juga tewas sementara 46 terluka dalam pemboman Rusia di kota Ukraina Mykolaiv pada hari Senin.

Dalam penemuan yang mengejutkan, pihak berwenang Ukraina juga menemukan mayat lima warga sipil dengan tangan terikat di sebuah desa di sebelah barat Kyiv, termasuk mayat walikota, suami dan putranya.

Zelensky akan berpidato di Dewan Keamanan PBB hari ini atas 'genosida' Rusia

BERITA REKOMENDASI

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan berpidato di Dewan Keamanan PBB pada hari Selasa, di mana ia diperkirakan akan menuntut sanksi baru yang keras terhadap Moskow atas pembunuhan di kota Bucha yang ia sebut sebagai "kejahatan perang" dan "genosida".

Baca juga: Sosok Olga Sukhenko, Wali Kota Wanita yang Dibunuh Rusia, Sempat Diculik Bersama Suami dan Anaknya

Pidato tersebut, yang pertama Zelensky ke tubuh sejak invasi Rusia, datang setelah ia melakukan perjalanan emosional ke Bucha, di mana puluhan mayat ditemukan setelah penarikan pasukan Rusia.

Gambar mengerikan mayat tergeletak di jalan-jalan, beberapa dengan tangan terikat di belakang mereka, telah menarik kecaman internasional terhadap Rusia.

Moskow telah membantah bertanggung jawab dan menyarankan gambar itu palsu atau bahwa kematian terjadi setelah pasukan Rusia ditarik keluar dari daerah tersebut.

Pembicaraan Ukraina-Rusia 'satu-satunya pilihan' tetapi dia mungkin tidak mengadakan pembicaraan dengan Putin.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan pada hari Selasa mengadakan negosiasi dengan Rusia adalah satu-satunya pilihan bagi negaranya meskipun kemungkinan melakukan pembicaraan sekarang menjadi "tantangan".

Namun dalam komentar yang disiarkan di televisi nasional, dia mengatakan ada kemungkinan dia dan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan mengadakan pembicaraan secara pribadi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas