Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korea Utara Kembali Luncurkan Rudal Balistik, Uji Coba ke-14 Tahun Ini

Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik ke arah perairan timurnya pada Rabu (4/5/2022).

Penulis: Rica Agustina
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Korea Utara Kembali Luncurkan Rudal Balistik, Uji Coba ke-14 Tahun Ini
STR / AFP / KCNA VIA KNS
Peluncuran rudak di Korea Utara pada pada 24 Maret 2022 - Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik ke arah perairan timurnya pada Rabu (4/5/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik ke arah perairan timurnya pada Rabu (4/5/2022), kata pejabat Korea Selatan dan Jepang.

Peluncuran itu dilakukan enam hari sebelum Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dilantik untuk masa jabatan lima tahun.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rudal itu ditembakkan dari wilayah ibu kota Korea Utara dan terbang ke perairan lepas pantai timurnya.

Dikatakan militer Korea Selatan sedang memantau kemungkinan peluncuran senjata tambahan oleh Korea Utara.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan Korea Utara telah menembakkan kemungkinan rudal balistik tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Baca juga: Dua WN Korea Selatan Ditangkap karena Menjadi Mata-mata untuk Korea Utara

Penjaga Pantai Jepang mendesak kapal-kapal yang bepergian di lepas pantai Jepang untuk menjauh dari kemungkinan rudal jatuh.

Pemerintah Jepang membentuk satuan tugas darurat untuk menangani peluncuran rudal.

BERITA REKOMENDASI

Pemerintah juga mengatakan Perdana Menteri Fumio Kishida, saat ini di Roma untuk berbicara dengan pejabat Italia, menginstruksikan para pejabat melakukan yang terbaik untuk keadaan darurat dan melindungi keselamatan orang-orang serta kapal dan pesawat terbang di sekitar Jepang.

Para pengamat mengatakan langkah Korea Utara yang luar biasa cepat dalam uji coba senjata tahun ini menggarisbawahi tujuan gandanya untuk memajukan program misilnya dan menerapkan tekanan pada Amerika Serikat (AS) atas pembekuan dalam negosiasi nuklir.

Mereka mengatakan Kim Jong Un pada akhirnya bertujuan menggunakan persenjataannya untuk memenangkan pengakuan internasional atas Korea Utara sebagai negara nuklir yang dia yakini akan membantu memaksa AS melonggarkan sanksi ekonomi internasional terhadap Korea Utara.

Baca juga: Kim Jong Un Janji akan Perkuat dan Kembangkan Kekuatan Nuklir Korea Utara

Dikutip dari AP News, peluncuran rudal pada hari Rabu, merupakan uji coba senjata Korea Utara putaran ke-14, termasuk satu pada 16 Maret yang dianggap gagal.

Salah satu rudal Korea Utara yang diuji coba baru-baru ini adalah rudal balistik antarbenua yang berpotensi mampu menjangkau seluruh tanah air Amerika.

Peluncuran rudal itu mematahkan moratorium 2018 yang diberlakukan sendiri oleh Kim Jong Un pada uji senjata besar.

Ada tanda-tanda bahwa Korea Utara juga sedang mempersiapkan uji coba nuklir di fasilitas pengujian timur lautnya yang terpencil.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas