Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kurangi Standar Biaya Hidup Penerima Subsidi Warga Kumamoto, Kemenkes Jepang Melanggar Konstitusi

Tindakan Kementerian Kesehatan Jepang yang mengurangi standar biaya hidup penerima manfaat (subsidi) dari Prefektur Kumamoto adalah ilegal.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kurangi Standar Biaya Hidup Penerima Subsidi Warga Kumamoto, Kemenkes Jepang Melanggar Konstitusi
Foto Richard Susilo
Kementerian kesehatan Jepang di kasumigaseki Tokyo Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pengadilan Distrik Kumamoto memutuskan tindakan Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang yang mengurangi standar biaya hidup penerima manfaat dari Prefektur Kumamoto adalah ilegal.

Diketahui Kementerian Kesehatan Jepang mengurangi jumlah penerima manfaat (subsidi) dari Prefektur Kumamoto.

Dan hal itu melanggar konstitusi yang menjamin kehidupan minimum, mengenai pengurangan biaya kesejahteraan secara bertahap mulai tahun 2013.

"Ada kesalahan dalam prosesnya dan prosedur, dan kami memutuskan bahwa pengurangan itu ilegal dan memberikan keputusan untuk mencabutnya," ungkap hakim ketua Pengadilan Kumamoto, Yuichiro Nakatsuji, Rabu (25/5/2022) dalam keputusannya.

Pemerintah pusat telah mengurangi jumlah standar biaya hidup seperti biaya makanan hingga 10 persen dari tahun 2013 hingga 2015 dengan mencerminkan tingkat pengeluaran dan penurunan harga rumah tangga berpenghasilan rendah secara umum.

Mengenai hal ini, 36 penerima manfaat di Prefektur Kumamoto mengajukan gugatan pembatalan, dengan mengatakan bahwa itu "melanggar konstitusi yang menjamin kehidupan minimum", dan dalam persidangan ada masalah dengan metode dan prosedur ketika pemerintah nasional menghitung jumlah standar.

Baca juga: Pertama Kali Jepang di Puncak Daftar Peringkat 1 Tujuan Wisata Turis Dunia

BERITA TERKAIT

Dalam putusan pada tanggal 25 Mei kemarin, Hakim Yuichiro Nakatsuji dari Pengadilan Distrik Kumamoto menunjukkan bahwa "menentukan jumlah standar memerlukan pertimbangan teknis dan pertimbangan kebijakan tingkat tinggi."

Selain itu, dalam pengurangan ini, meskipun ada indeks yang digunakan untuk pertama kalinya, tetapi tidak sepenuhnya dibahas dalam subkomite ahli, ada kesalahan karena tidak sesuai dengan angka objektif dan pengetahuan ahli, dan itu menyimpang dari kekuasaan diskresi.

Menurut pengacara penggugat, ini adalah kasus ke-10 dari proses kelas serupa yang diajukan di 29 pengadilan nasional.

Dan proses penggugat telah disetujui dan pengurangan telah dibatalkan dalam dua kasus setelah Pengadilan Distrik Osaka pada Februari tahun lalu.

"Karena ini adalah keputusan yang berat, saya ingin menyelesaikan keputusan itu secepat mungkin," ungkap Sekretaris Jenderal tim pertahanan Kementerian Kesehatan.

Penggugat mengadakan konferensi pers, dan Hiromi Abe, sekretaris jenderal tim pembela, mengevaluasi putusan tersebut.

""Keputusan yang sah dan langkah demi langkah dibuat berdasarkan kondisi kehidupan rumah tangga penerima. Saya ingin menyelesaikan putusan sesegera mungkin karena upaya penggugat yang telah berjuang untuk waktu yang lama telah dihargai," kata Hiromi Abe.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas