Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dikenal Sebagai Sosok Anak Saleh, Keluarga: Insya Allah Eril Wafat Dalam Keadaan Husnul Khotimah

Keluarga mengenang sosok Emmeril Kahn Mumtadz, atau Eril, putra Gubernur Jawa BaratRidwan Kamil sebagai sosok yang positif dan anak yang shalih.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Dikenal Sebagai Sosok Anak Saleh, Keluarga: Insya Allah Eril Wafat Dalam Keadaan Husnul Khotimah
Kolase/Daniel Schwen/Commons Wikipedia/IG @emmerilkahn
Sungai Aare di Bern, Swiss. Di sungai ini Emmeril Khan Mumtadz, putra Ridwan Kamil, yang terseret arus Sungai Aare, Jumat (27/5/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Keluarga mengenang sosok Emmeril Kahn Mumtadz, atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sebagai sosok yang positif dan anak yang shalih.

Kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman pada konferensi pers virtual, Jumat (3/6/2022), mengatakan, Eril berangkat ke Swiss dengan niat mencari sekolah, dan menuntut ilmu.

Aktivitas terakhir yang dilakukan Eril juga merupakan salah satu aktivitas olahraga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, yakni berenang.

Baca juga: Anies Serukan Seluruh Masjid di DKI Gelar Salat Gaib Usai Jumatan untuk Emmeril Kahn Mumtadz

Baca juga: Keluarga Sampaikan Kabar Duka: Status Eril Berdasarkan Konsultasi Ulama Syahid Akhirat




Di saat terakhir, Eril juga menunjukkan tanggungjawabnya dengan memastikan bahwa yang ikut berenang di sungai Aare dapat dipastikan keselamatannya.

“Dari keseluruhan peristiwa ini, kami sekeluarga berprasangka baik, insya Allah Eril wafat dalam keadaan Khusnul khotimah. Dan memenuhi kriteria riwayat hadist Nabi, orang tenggelam dengan kriteria tertentu dinyatakan sebagai syahid akhirat,” kata Erwin.

Ridwan Kamil dan keluarga harus kembali ke Indonesia, pada Kamis sore (2/6/2022) untuk kembali menjalankan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat.

Sehingga, pemantauan upaya pencarian, koordinasi dengan KBRI Bern, dan komunikasi dengan otoritas Swiss akan terus dilanjutkan oleh Paman Eril, yakni Elpi Nazmuzaman beserta wakil keluarga yang telah tiba di Bern pada hari Rabu (1/6/2022).

Baca juga: Keadaan Eril Dinyatakan Syahid Akhirat, Keluarga Ridwan Kamil: Upaya Pencarian Tetap Dilakukan

Baca juga: Keluarga Ridwan Kamil Ikhlas dan Yakin Eril Wafat karena Tenggelam, Shalat Ghaib Dilakukan

Pihak keluarga yaang diwakili Kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, menyampaikan keterangan pers terkait pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), Jumat (3/6/2022).
Pihak keluarga yaang diwakili Kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, menyampaikan keterangan pers terkait pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), Jumat (3/6/2022). (Tangkap layar kanal YouTube Tribun Jateng)
BERITA TERKAIT

Erwin mengatakan, status yang ditetapkan kepada Eril bukan berarti menghentikan ikhtiar keluarga dalam upaya menemukan Eril.

“Adik saya Elpi akan tetap bekerja sama, dibantu KBRI di sana untuk memastikan proses pencarian berlanjut sampai Eril ditemukan,”

“Hal ini dilakukan agar Kang Emil dan Teh Lia bisa kembali ke tanah air, sehingga bisa berkumpul kembali dengan keluarga besar untuk saling menguatkan,” ujarnya.

Erwin juga meminta masyarakat untuk sementara memberikan waktu dan privasi kepada Gubernur Jabar dan istri serta keluarga.

Erwin mengatakan, pada waktunya nanti, Ridwan Kamil akan memberikan keterangan resmi terkait peristiwa ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas