Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Otoritas Beijing Kembali Buka Sekolah Menyusul Turunnya Kasus Covid-19

Kasus kasus Covid-19 telah surut, Beijing akan kembali membuka SD hingga SMA mulai Senin (27/6/2022). Sementara untuk sekolah TK dibuka pada 2 Juni.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Otoritas Beijing Kembali Buka Sekolah Menyusul Turunnya Kasus Covid-19
AFP/NOEL CELIS
Seorang petugas kesehatan berbicara dengan seorang anak laki-laki di dalam area perumahan berpagar yang dikunci karena pembatasan virus corona Covid-19 di Beijing pada 26 Mei 2022. - Beijing akan kembali membuka sekolah karena kasus Covid-19 telah surut. (Photo by Noel Celis / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Kasus Covid-19 telah surut dalam beberapa hari terakhir, Beijing akan kembali membuka sekolah, Sabtu (25/6/2022).

Komisi pendidikan Beijing mengatakan semua siswa sekolah dasar dan menengah di ibu kota dapat kembali melakukan pertemuan tatap muka mulai Senin (27/6/2022).

Untuk siswa tahun senior di sekolah menengah pertama dan menengah atas diizinkan kembali ke sekolah mulai 2 Juni, seperti dilansir CNA.

Sementara untuk sekolah taman kanak-kanak akan diizinkan dibuka kembali mulai 4 Juli 2022, mendatang.

Beijing telah menutup sekolahnya pada awal Mei lalu dan meminta siswa untuk beralih ke pembelajaran online di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang ditularkan secara lokal.

Baca juga: Angka Positivity Rate Covid-19 di Indonesia Alami Peningkatan, Satgas Sebut Masih Aman

Biro Olahraga Kota Beijing mengatakan secara terpisah bahwa kegiatan olahraga untuk kaum muda dapat dilanjutkan di lokasi non-sekolah pada 27 Juni di daerah di mana tidak ada kasus komunitas yang dilaporkan selama tujuh hari berturut-turut, dengan pengecualian tempat-tempat bawah tanah, yang akan tetap tutup.

Partisipasi harus dibatasi hingga 75 persen dari kapasitas normal dan peserta harus menunjukkan tes Covid-19 negatif yang diambil dalam 72 jam terakhir, katanya.

BERITA REKOMENDASI

Beijing termasuk di antara beberapa kota di China yang menerapkan pembatasan untuk menghentikan penyebaran gelombang Omicron dari Maret hingga Mei.

Upaya-upaya tersebut telah menurunkan kasus tetapi telah berdampak besar pada ekonomi negara itu.

Untuk pertama kalinya sejak 23 Februari, Shanghai pada hari Sabtu melaporkan tidak ada kasus lokal baru, baik yang bergejala maupun tanpa gejala,

Shanghai terus melakukan pengujian PCR massal untuk 25 juta penduduknya setiap akhir pekan hingga akhir Juli dan makan di dalam ruangan tetap dilarang di sebagian besar kota.

Seorang pria berpose di pintu masuk Kota Terlarang di Beijing pada 7 Juni 2022, setelah pemerintah melonggarkan beberapa pembatasan Covid-19 dengan sebagian besar museum dibuka kembali di kota. (Photo by WANG Zhao / AFP)
Seorang pria berpose di pintu masuk Kota Terlarang di Beijing pada 7 Juni 2022, setelah pemerintah melonggarkan beberapa pembatasan Covid-19 dengan sebagian besar museum dibuka kembali di kota. (Photo by WANG Zhao / AFP) (AFP/WANG ZHAO)

Pakar Epidemiologi Sebut Gelombang Keempat Covid-19 Lebih Sulit Dideteksi

Pakar Epidemiologi Griffith University Dicky Budiman menilai situasi pandemi di tanah air mengarah pada gelombang keempat.

"Tapi begini, potensi gelombang empat ini kan tidak seperti waktu varian Delta ya, atau bahkan Alpha. Kasus infeksi akan banyak, walau yang terdeteksi sedikit," ungkapnya pada Tribunnews, Jumat (24/6/2022).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas