Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PM Inggris Boris Johnson Akhirnya Mundur, Ini 12 Kandidat yang Mungkin akan Menggantikannya

PM Inggris Boris Johnson akhirnya mengundurkan diri setelah mendapat banyak tekanan. Ini daftar 12 orang yang mungkin akan menggantikannya.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in PM Inggris Boris Johnson Akhirnya Mundur, Ini 12 Kandidat yang Mungkin akan Menggantikannya
AFP
Boris Johnson (kiri), Penny Mourdant (kanan atas), Rishi Sunak (kanan bawah). PM Inggris Boris Johnson akhirnya mengundurkan diri setelah mendapat banyak tekanan. Ini daftar 12 orang yang mungkin akan menggantikannya. 

TRIBUNNEWS.COM - Perlombaan untuk menggantikan Boris Johnson sebagai pemimpin dan perdana menteri Tory sedang berlangsung setelah dia akhirnya setuju untuk mengundurkan diri pada Kamis (7/7/2022) pagi menyusul pengunduran diri para menteri dan pemogokan kabinet.

Dilansir Independent, Johnson telah bersumpah untuk tetap menjabat sampai musim gugur untuk menjaga roda pemerintahan tetap berputar sampai seorang pengganti permanen dapat ditunjuk oleh partainya.

Tetapi tidak jelas apakah dia bisa bertahan selama itu.

Beberapa anggota parlemen marah atas penanganannya atas serangkaian skandal baru-baru ini dan sifat sengit dari pengunduran dirinya.

Disintegrasi pemerintah dipicu setelah pengunduran diri kanselir Rishi Sunak, dan sekretaris kesehatan Sajid Javid, pada hari Selasa.

Mereka berdua mengecam integritas Johnson.

Baca juga: 50 Anggota Parlemen Inggris Mundur Termasuk 4 Menteri, Pemerintahan Boris Johnson di Ujung Tanduk

Javid mengatakan bahwa "publik benar mengharapkan pemerintah dilakukan dengan benar, kompeten, dan serius."

BERITA TERKAIT

Lantas siapakah yang akan menggantikan Johnson?

Berikut nama-nama yang muncul untuk menjadi Perdana Menteri Inggris selanjutnya.

1. Penny Mourdant

Sebuah cuplikan video yang disiarkan oleh Unit Perekaman Parlemen (PRU) Parlemen Inggris menunjukkan Jenderal Paymaster Inggris Penny Mordaunt menjawab Pertanyaan Mendesak tentang Negosiasi hubungan masa depan Inggris dengan UE, dan persiapan untuk akhir masa transisi, di sesi hybrid jarak sosial dari House of Commons di London pada 10 Desember 2019.
Sebuah cuplikan video yang disiarkan oleh Unit Perekaman Parlemen (PRU) Parlemen Inggris menunjukkan Jenderal Paymaster Inggris Penny Mordaunt menjawab Pertanyaan Mendesak tentang Negosiasi hubungan masa depan Inggris dengan UE, dan persiapan untuk akhir masa transisi, di sesi hybrid jarak sosial dari House of Commons di London pada 10 Desember 2019. (AFP / PRU)

Penny Mordaunt, anggota parlemen untuk Portsmouth Utara dan menteri perdagangan internasional, dan tokoh kunci dalam kampanye Cuti 2016 dalam referendum UE, adalah sosok favorit untuk menggantikan Johnson.

Mordaunt mungkin dipandang sebagai orang luar tetapi dia cenderung mendapatkan dukungan.

Karyanya baru-baru ini termasuk upaya untuk mengamankan pakta ekonomi dengan negara bagian Amerika.

Dia dianggap sebagai pembicara yang kuat dan dianggap sebagai yang teratas dalam briefingnya di Commons.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas