Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu AS Antony Blinken Sampaikan Keprihatinan Atas Penembakan Shinzo Abe Saat Bertemu Retno Marsudi

Menlu AS Antony J Blinken sampaikan keprihatinan atas penembakan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Menlu AS Antony Blinken Sampaikan Keprihatinan Atas Penembakan Shinzo Abe Saat Bertemu Retno Marsudi
Dok Kedubes AS
Menlu AS Antony J Blinken sampaikan keprihatinan atas penembakan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe. Ucapan tersebut dikatakan Bliken saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi di Hotel Mulia, Nusa Dua Bali, Jumat (8/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Antony J Blinken sampaikan keprihatinan atas penembakan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe yang terjadi di Prefektur Nara, Jepang.

Hal tersebut diungkapkan Antony J Blinken saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi di sela-sela G20 Foreign Ministers' Meeting (FMM) yang diselenggarakan di Hotel Mulia, Nusa Dua Bali, Jumat (8/7/2022).

Blinken sampaikan keprihatinan atas penembakan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe yang terjadi di Prefektur Nara, Jepang.

“Saya benar-benar harus mengatakan sebelum kita bertemu betapa sedih dan prihatinnya kita dengan berita yang datang dari Jepang tentang upaya pembunuhan terhadap mantan Perdana Menteri Abe,” kata Blinken dalam pernyataannya kepada Retno.

Baca juga: Menlu Australia Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Eks PM Jepang Shinzo Abe

Blinken menyampaikan kesedihan atas peristiwa tersebut.

“Pikiran kami, doa kami bersamanya, dengan keluarganya, dengan orang-orang Jepang,” ujarnya.

Seorang pria (bawah) yang diduga menembak mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe dijatuhkan oleh polisi di Stasiun Yamato Saidaiji di kota Nara pada 8 Juli 2022. - Shinzo Abe ditembak di sebuah acara kampanye pada 8 Juli, kata juru bicara pemerintah, ketika media lokal melaporkan perdana menteri terlama di negara itu tidak menunjukkan tanda-tanda vital. (Photo by Yomiuri Shimbun / AFP)
Seorang pria (bawah) yang diduga menembak mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe dijatuhkan oleh polisi di Stasiun Yamato Saidaiji di kota Nara pada 8 Juli 2022. - Shinzo Abe ditembak di sebuah acara kampanye pada 8 Juli, kata juru bicara pemerintah, ketika media lokal melaporkan perdana menteri terlama di negara itu tidak menunjukkan tanda-tanda vital. (Photo by Yomiuri Shimbun / AFP) (AFP/STR)
BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, Menlu RI menyampaikan bahwa Indonesia sebagai presiden G20 dan atas nama para menteri luar negeri G20 yang hadir dalam pertemuan, menyampaikan simpati atas peristiwa tersebut.

Selain membahas peristiwa yang menimpa Shinzo Abe, kedua Menlu juga membahas penguatan kerjasama antara AS dan Indonesia.

Baca juga: Kenang Shinzo Abe, Jokowi Ucapkan Duka untuk Mantan PM Jepang

Menlu AS menyampaikan dukungan kepada Presidensi G20 Indonesia dalam upaya pemulihan global, serta mengatasi krisis pangan dan energi akibat dampak perang di Ukraina.

“Kepemimpinan Indonesia dalam menyatukan G20, tidak hanya menyatukan kita tetapi juga memimpin kita, dan khususnya bekerja untuk memastikan bahwa kita pulih bersama, pulih lebih kuat. Kami melihat efek dari COVID itu masih melekat di seluruh dunia. Sayangnya, kita juga melihat efek agresi Rusia terhadap Ukraina membuat segalanya menjadi lebih sulit dari sebelumnya,” kata Blinken.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas