Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Badan Yahudi di Rusia Ditutup, Diduga Jalankan Kegiatan Mata-mata Israel dan CIA

Rusia menutup kegiatan The Jewish Agency di negara itu. Alasan spesifik tidak diumumkan. Badan Yahudi itu ditutup setelah ada audit.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Badan Yahudi di Rusia Ditutup, Diduga Jalankan Kegiatan Mata-mata Israel dan CIA
AFP/MENAHEM KAHANA
ILUSTRASI - Orang-orang Yahudi Ultra-Ortodoks berdoa di Tembok Barat, situs paling suci Yudaisme, di Yerusalem, Rabu (25/3/2020). Tempat ini menjadi tujuan utama, termasuk para diaspora Yahudi di berbagai negara yang mengikuti program aliyah atau repatriasi ke tanah Palestina. 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW – Perdana Menteri Israel Yair Lapid memperingatkan Moskow, penutupan Badan Yahudi di Rusia akan menimbulkan konsekuensi serius hubungan Rusia-Israel.

The Jewish Agency adalah organisasi kuasi-pemerintah Israel, yang mempromosikan emigrasi orang-orang Yahudi Rusia ke Israel.

Pekan lalu, Kementerian Kehakiman Rusia meminta pengadilan agar mengeluarkan keputusan penutupan badan itu atas dasar pelanggaran hukum setempat.




Tidak dijelaskan alasan spesifiknya. Namun diduga kuat penutupan badan ini ada kaitan aktvitas intelijen Israel di Rusia.

“Menutup kantor Badan Yahudi akan menjadi peristiwa besar, yang akan memiliki konsekuensi pada hubungan Rusia-Israel,” kata pernyataan kantor PM Israel dikutip Russia Today, Senin (25/7/2022).

Kotak Pandora Kegiatan Mata-mata

Peristiwa ini membuka diskusi serius menyangkut hubungan politik Rusia-Israel, konflik Rusia-Ukraina, hubungan Israel-AS dan tentu saja dinas rahasia Israel dan CIA.

BERITA TERKAIT

Laporan pertama penutupan aktivitas Badan Yahudi di Rusia dilaporkan The Jerusalem Post pada 5 Juli 2022.

Moskow dilaporkan memerintahkan Badan Yahudi untuk menghentikan semua operasi di Rusia. Perintah datang lewat surat resmi Kementerian Kehakiman Rusia.

Badan Yahudi awalnya mengecilkan keputusan itu, dan yakin tidak akan berdampak apa-apa terhadap kegiatan mereka.

Seorang diplomat senior Israel yang tidak disebutkan namanya akhirnya mengatakan kepada Jerusalem Post, Rusia mengatakan Jewish Agency secara ilegal mengumpulkan informasi tentang warga Rusia.

Pada 11 Juli, kantor berita Rusia RIA Novosti mengungkapkan audit selama empat minggu atas Sohnut (sebutan Badan Yahudi di Rusia) oleh Kementerian Kehakiman Federasi Rusia telah berlangsung sejak 30 Mei.

Audit dalam lingkup hukum federal tentang "Organisasi Non-Komersial. Kementerian Kehakiman menyampaikan kepada RIA Novosti berdasarkan hasil audit, telah disiapkan undang-undang, yang telah dikirim ke alamat lokasi organisasi (Sohnut).”

MK Bhadrakumar, eks diplomat India yang pernah bertugas di bekas Uni Soviet, Pakistan, Iran, Afghanistan, dan Turki, menyebut perkara kecil itu akhirnya berubah jadi badai.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas