Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelaku Penembakan Massal di Highland Park Chicago Didakwa 117 Tuduhan

Pelaku penembakan pada parade 4 Juli di Highland Park, Chicago, AS didakwa atas 117 tuduhan. Dia menghadapi hukuman maksimum penjara seumur hidup.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Pelaku Penembakan Massal di Highland Park Chicago Didakwa 117 Tuduhan
AFP PHOTO / HANDOUT / CITY OF HIGHLAND PARK
Gambar selebaran ini milik City of Highland Park menunjukkan Robert "Bobby" E. Crimo III, pelaku penembakan pada parade Empat Juli. - Pelaku penembakan massal di Highland Park, Chicago, AS didakwa atas 117 tuduhan. 

TRIBUNNEWS.COM - Pelaku penembakan massal pada parade 4 Juli di Highland Park, Chicago, Amerika Serikat (AS) telah didakwa 117 tuduhan pada Rabu (27/7/2022).

Insiden penembakan yang terjadi pada Senin (4/7/2022) tersebut telah menewaskan tujuh orang dan melukai 40 lainnya.

Mengutip The Washington Post, Robert E. Crimo III didakwa oleh grand jury Lake County atas setiap 117 dakwaan yang diajukan oleh Jaksa Negara Bagian Eric Rinehart (D).




Sejumlah dakwaan bagi korban yang tewas dalam penembakan di Highland Park, serta yang tertembak peluru.

Tuduhannya adalah 21 dakwaan pembunuhan tingkat pertama, tiga dakwaan untuk setiap korban yang meninggal; 48 tuduhan percobaan pembunuhan; dan 48 hitungan baterai yang diperburuk dengan senjata api.

Crimo, yang menghadapi hukuman maksimum penjara seumur hidup, telah ditahan tanpa jaminan setelah dia didakwa dengan tujuh pembunuhan tingkat pertama sehari setelah pembantaian yang mengguncang komunitas yang tenang dan erat itu.

Baca juga: Penembakan Massal di Kanada, 3 Orang Tewas Termasuk Pria Bersenjata

Dia dijadwalkan muncul untuk dakwaan pada hari Rabu.

BERITA TERKAIT

Penyelidik mengatakan, Crimo, yang ditangkap beberapa jam setelah penembakan, mengaku mengamuk.

Petugas penegak hukum berkumpul di lokasi penembakan parade Empat Juli di Highland Park, Illinois pada 4 Juli 2022. Seorang penembak melepaskan tembakan Senin selama parade untuk menandai Hari Kemerdekaan AS di negara bagian Illinois, menewaskan sedikitnya enam orang, kata pejabat.
Petugas penegak hukum berkumpul di lokasi penembakan parade Empat Juli di Highland Park, Illinois pada 4 Juli 2022. Seorang penembak melepaskan tembakan Senin selama parade untuk menandai Hari Kemerdekaan AS di negara bagian Illinois, menewaskan sedikitnya enam orang, kata pejabat. (AFP)

Para pejabat mengatakan, dia menembakkan lebih dari 80 peluru ke kerumunan yang berkumpul untuk merayakan kemerdekaan Amerika.

Orang-orang berebut mencari keselamatan dan meninggalkan tujuh orang dewasa tewas, di antaranya orang tua dari seorang balita, seorang guru prasekolah, dan ayah dari delapan anak .

Dia kemudian melarikan diri, memimpin polisi dalam pengejaran singkat.

Penyidik ​​mengatakan, saat dalam pelarian dia mempertimbangkan untuk melakukan penyerangan di Madison, Wisconsin.

Baca juga: New York Ubah Usia Kepemilikan Senapan Semi Otomatis Menyusul Aksi Penembakan Massal di Buffalo

Dalam sebuah pernyataan, Rinehart berterima kasih kepada aparat penegak hukum dan jaksa yang memberikan bukti kepada dewan juri.

"Penyelidikan kami berlanjut, dan spesialis korban kami bekerja sepanjang waktu untuk mendukung semua yang terkena dampak kejahatan ini yang menyebabkan 117 tuduhan kejahatan diajukan hari ini," kata pengacara negara bagian.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas